Analisis Semantik terhadap Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini
Abstract
abstrak— Anak usia dini, yang berada pada rentang usia 0 hingga 6 tahun, mengalami perkembangan signifikan dalam keterampilan berbahasa yang berdampak pada kehidupan mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan semantik dan pemerolehan bahasa pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, melalui reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia dini mulai memahami makna kata-kata secara sederhana, lalu berkembang menjadi kemampuan untuk memahami makna yang lebih abstrak dan kompleks. Strategi yang mendukung perkembangan semantik termasuk menciptakan lingkungan yang kaya stimulasi dan interaksi positif antara orang dewasa dan anak.
Kata kunci—Anak usia dini, pemerolehan bahasa, semantik
abstract— Early childhood, aged 0 to 6 years, experiences significant development in language skills that have an impact on future life. This research aims to analyze semantic development and language acquisition in early childhood. The research method used is descriptive qualitative, through data reduction, presentation and drawing conclusions. The results of the research show that young children begin to understand the simple meaning of words, then develop the ability to understand more abstract and complex meanings. Strategies that support semantic development include creating an environment rich in stimulation and positive interactions between adults and children.
Keywords— Early childhood, language acquisition, semantics
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif: Journal Of Education Research, 4(1), 87-96. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202.
Gani, S., & Arsyad, B. (2021). Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa. Ajamiy Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 7(1), 1-20. https://journal.umgo.ac.id/index.php/AJamiy/article/view/302/226.
Harsani, C. N. (2021). Pemerolehan Bahasa Pertama terhadap Anak Usia 2 Sampai 4 Tahun Menurut Tataran Morfologi dan sintaksis. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 131-135. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.50.
Kresnawati, & Imelda, j. d. (2020). Perlindungan Sosial Bagi Anak Usia Dini pada Keluarga yang Rentan Sosial Ekonomi. Sosial Informa, 6(3), 223-238. Https://doi.org/10.33007/inf.v6i3.2363.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2020). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1),1560-1566. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086.
Nafinudun, S. (2020). Pengertian Semantik (PengertiN, Hakikat, Jenis). OSFPREPRINTR, 1-21. https://doi.org/10.31219/osf.io/b8ws3.
Rupnidah, & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 6(1), 49-58. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i148199.
Utami, N., & Sagala, A. C. D. (2023). Analisis Kemampuan Bahasa Semantik dan Fonetik Melalui Metode Bercerita Jurnal Pagi di TK Annisa Jenggot. IJES Indonesian Journal Of Elementary School, 3(2), 243-257. https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.9301.
Zulfa, I., & Setiawan, H. (2021). Analisis Pemerolehan Bahasa dengan Perhitungan MLU dan kajian aspek sintaksis Anak Usia 2,8 Tahun. , 5(3), 6552-6558. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1979.
Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa anak melalui metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v5i1.4675.
Nugraha, O. A. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun Kajian Semantik Penyimpangan Tuturan Anak. Kajian Linguistik Dan Sastra, 2(2), 104-110. https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/6733.
Mieske, M. (2020). Analisis pemerolehan bahasa anak usia 4 tahun (bidang semantik). Frasa: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 1-7. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/view/548/447.
Oktavia, Y. (2015). Pemerolehan Semantik Bahasa Minangkabau Anak Usia Tiga Tahun Enam Bulan. Batam Universitas Putera Batam.
Halid, E. (2019). Analisis pemerolehan semantik anak usia 5 tahun: Tinjauan psikolinguistik. Inovasi Pendidikan, 6(1). 7-15. https://doi.org/10.31869/ip.v6i1.1565.
Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7.
Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026-1036. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.566.
Yulianto, B. (2011). Pengantar teori belajar bahasa. Surabaya: Unesa University Press.
Wulandari, D. I. (2018). Pemerolehan Bahasa Indonesia anak usia 3-5 tahun di PAUD Lestari desa Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1). https://doi.org/10.30651/lf.v2i1.1346.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.