Pengenalan Konsep dan Perhitungan Volume Bangun Ruang pada Siswa Sekolah Dasar

Lita Marga Ningrum, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Memahami konsep volume bangun ruang sangat penting bagi siswa sekolah dasar sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengenalkan konsep dan perhitungan volume bangun ruang pada siswa sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari jurnal, artikel, maupun buku yang telah dipublikasikan secara nasional. Teknik simak, catat, dan libat merupakan teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber sebagai teknik validasi data. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa dalam mengenali konsep dan perhitungan volume bangun ruang pada siswa sekolah dasar 1) Mengenal jenis dan karakteristik bangun ruang, 2) Memahami rumus, 3) Mencoba mengerjakan soal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat beberapa tahapan bagi seorang siswa untuk mengenal konsep dan perhitungan volume bangun ruang pada siswa sekolah dasar.

Kata Kunci—Bangun Ruang, Volume, Sekolah Dasar

 

abstract— Understanding the concept of volume of three-dimensional shapes is very important for elementary school students from an early age. The purpose of this research is that the author wants to introduce the concept and calculation of the volume of three-dimensional shapes in elementary school students. The method in this research uses the SLR (Systematic Literature Review) method. This research uses secondary data sourced from journals, articles, and books that have been published nationally. Listening, noting, and engaging techniques were used as data collection techniques. This research uses source triangulation as a data validation technique. The results of this study show that in recognizing the concept and calculation of the volume of three-dimensional shapes buildings in elementary school students 1) Recognize the types and characteristics of three-dimensional shapes, 2) Understanding the formula, 3) Trying to do the problem. The conclusion of this research is that there are several stages for a student to recognize the concept and calculation of the volume of a three-dimensional shapes in elementary school students.

Keywords—Three-Dimensional Shapes, Volume, Elementary School


Keywords


Three-Dimensional Shapes, Volume, Elementary School

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2013). Integrasi pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai alternatif menciptakan sekolah hijau. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 98-108. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50.

Afifah, R. N. (2017). Kemampuan koneksi matematis pada bangun ruang sisi lengkung. In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2017. 619-624. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-90.pdf.

Alimuddin, J. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(2), 67-75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995.

Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran volume bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168-175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615.

Azizah, I. (2022). Metode pengajaran anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB). Jurnal Pendidikan, 11(1), 54-63. http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v11i1.1953.

Dewi, A. P. S., & Hidayat, M. T. (2022). Persepsi guru sekolah dasar tentang pengajaran yang efektif. Jurnal Basicedu, 6(3), 4367-4373. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2834.

Elfiah, N. S., Maharani, H. R., & Aminudin, M. (2020). Hambatan epistemologi siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 11-22. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i1.887.

Hikmah, N. (2017). Pengembangan multimedia (Audiovisual) pembelajaran matematika pada materi bangun ruang bagi siswa kelas IV SD. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 83-90. https://jurnal.fkipuwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/96.

Khoirunnisa, S., Sulhan, S., Kalsum, U., dkk. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(2), 21-32. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i2.740.

Khotimah, S. H., & Risan, R. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48-55. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.

Maqsudah, B. (2020). Pemanfaatan media pasir dan tali koor untuk menemukan rumus volume dan luas permukaan bola pada pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(3), 276-82. https://doi.org/10.47387/jira.v1i3.50.

Muslicha, A. (2015). Metode pengajaran dalam pendidikan lingkungan hidup pada siswa sekolah dasar (studi pada sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal pendidikan, 16(2), 110-126. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.342.2015.

Nazri, E., Azmar, A., & Neliwati, N. (2022). Komponen-komponen kurikulum sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1289-1298. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2160.

Prasetyo, E. Y. S. (2019). Kajian matematika SD. Malang: UMM Press.

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic literature review: media komik dalam pembelajaran matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30-43. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/951.

Putri, L. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kesulitan siswa kelas v sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 65-74. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/9200/4690.

Rulviana, V. (2018). Implementasi media edmodo dalam mata kuliah pengembangan kurikulum sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 206-208. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2361.

Rusminati, S. H., & Styanada, G. E. (2020). Analisis kemampuan menyelesaikan soal bangun ruang berbasis HOTS ditinjau dari kemampuan matematika siswa SD. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(3), 408-412. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/417.

Sahria, Y., & Yulfihani, I. (2023). Pemanfaatan teknologi augmented reality dengan metode marker based tracking sebagai media pengenalan bangun ruang. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, 6(1), 115-126. https://doi.org/10.53513/jsk.v6i1.7395.

Salsabilla, J. S., & Indrawati, D. (2022). Pengembangan kartu soal berbasis augmented reality materi ciri-ciri bangun ruang kelas V sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1). 3630-3640. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/44212.

Sari, N. L. I. (2012). Asyiknya belajar bangun ruang sisi datar. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka (Persero).

Satria, B., & Prihandoko, P. (2018). Implementasi metode marker based tracking pada aplikasi bangun ruang berbasis augmented reality. Sebatik, 19(1), 15. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/88.

Sawitri, L. A. D., & Agustika, G. N. S. (2022). Pengembangan audio visual berbasis kontekstual learning materi volume bangun ruang kubus dan balok untuk kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 74-84. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4249.

Suharjana, A. (2008). Mengenal bangun ruang dan sifat-sifatnya di sekolah dasar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik danTenaga Kependidikan Matematika. https://repositori.kemdikbud.go.id/689/1/9-Pengenalan-bangun-ruang-dan-sifat2nya.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.