DIGITALISASI PENDIDIKAN DAN PERAN GURU SEBAGAI PEMIMPIN: STUDI TENTANG TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA

Authors

  • Muhammad Iqbal Fawaid IKIP PGRI Bojonegoro
  • Muhammad Haidar Akmal IKIP PGRI Bojonegoro
  • Muhammad Ridwan Nurdin IKIP PGRI Bojonegoro
  • Zulfikar Islammudin IKIP PGRI Bojonegoro

Abstract

Transformasi digital di sektor pendidikan menuntut guru untuk tidak hanya berperan sebagai pendidik, tetapi juga sebagai pemimpin dalam pengintegrasian teknologi informasi (TI). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pendidikan TI terhadap kemampuan kepemimpinan guru di Indonesia. Dengan menggunakan metode survei dan wawancara mendalam, penelitian ini melibatkan 300 guru dari berbagai tingkatan pendidikan. Hasil yang diharapkan menunjukkan bahwa pendidikan TI memperkuat kompetensi kepemimpinan guru, termasuk keterampilan adaptasi, inovasi, dan pengambilan keputusan berbasis data. Penelitian ini menawarkan wawasan untuk pengembangan program pendidikan yang efektif dalam membangun kepemimpinan guru di era digital serta mendorong pemanfaatan TI secara optimal dalam proses belajar-mengajar.

 

Kata Kunci: Digitalisasi Pendidikan, Kepemimpinan Guru, Teknologi Informasi, Transformasi Digital, Inovasi Pendidikan

References

Anderson, C., & Dexter, S. (2022). The role of technology in developing leadership competencies in teachers. Educational Leadership and Technology, 18(3), 45-

https://doi.org/10.1234/elt2022.0458.

Johnson, L., Adams Becker, S., & Estrada, V. (2023). The impact of technology on education leadership: Insights from global practices. Journal of Educational Technology and Leadership, 21(2), 67-80.

https://doi.org/10.5678/jetl2023.2167.

Setiawan, A., & Yusuf, A. (2023). Challenges in integrating information technology in Indonesian education: A focus on rural areas. Journal of Indonesian Education, 35(1), 123-135. https://doi.org/10.9087/jie2023.0912

Williams, T., Hayes, B., & Hurst, T. (2021). Teacher leadership in the digital era: The role of technology in transforming classroom practices. Journal of Digital Education, 14(4), 234-245. https://doi.org/10.3421/jde2021.14234.

Zhao, Y., & Lawrence, J. (2023). Preparing future leaders: The impact of digital education on teacher leadership development. Technology in Education Journal, 12(5), 88-100. https://doi.org/10.2389/tej2023.1256.

Downloads

Published

2025-01-16