Proses Literasi HAM untuk Penguatan Fondasi bagi Generasi Milenial dalam Membangun Kehidupan Bernegara dan Bermasyarakat

Authors

  • Dea Raisya Amyra A Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro
  • Dwi Suci Fulandhoni Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro
  • Day Ramadhani Amir Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro
  • Marlyana Marlyana Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro

Abstract

Peningkatan kasus pelecehan terhadap perempuan di kalangan masyarakat dan pelajar saat ini menjadi isu yang mendesak. Dalam konteks ini, literasi pemahaman tentang Hak Asasi Manusia (HAM) sangat penting bagi generasi milenial. Dengan pemahaman yang baik mengenai HAM, generasi muda diharapkan dapat lebih menghargai hak-hak orang lain, sehingga dapat mengurangi tindak pelecehan dan kejahatan lainnya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang dapat membantu mengurangi tindak kejahatan dan pelecehan di kalangan generasi saat ini. Ketidakjelasan dan kurangnya ketegasan dalam penegakan hukum terhadap pelanggar HAM menjadi faktor utama yang menyebabkan banyaknya kasus pelecehan, di mana pelaku merasa kebal terhadap sanksi. Oleh karena itu, diperlukan tindakan yang lebih tegas dari pemerintah dan aparat penegak hukum untuk memberikan sanksi yang berat bagi pelanggar HAM. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan analisis normatif, tulisan ini mengkaji hubungan antara hak asasi manusia dan kewarganegaraan demokratis melalui kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dengan harapan dapat memberikan kontribusi dalam pencegahan kasus pelecehan di masa depan.

Kata kunci: hak asasi manusia, literasi hak asasi manusia, pendidikan kewarganegaraan


References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Pedoman Pendidikan Hak Asasi Manusia di Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lestari, D. (2023). Literasi Digital dan HAM: Keterkaitan dalam Era Informasi. Jurnal Teknologi dan Masyarakat, 9(2), 50-65.

Prabowo, H. (2020). Tantangan Penegakan HAM di Indonesia: Perspektif Generasi Muda. Jurnal Hukum dan Masyarakat, 8(4), 200-215.

Sari, R. (2022). Pendidikan dan Literasi HAM untuk Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 15(1), 75-90 4. Setiawan, A. (2023). Peran Pendidikan HAM dalam Membangun Kesadaran Sosial di Kalangan Milenial. Jurnal Sosial dan Humaniora, 12(3), 101-115.

UNDP. (2021). Human Development Report 2021. United Nations Development Programme.

Wahyuni, S. (2021). Survei Pemahaman HAM di Kalangan Milenial. Jurnal Hak Asasi Manusia, 10(2), 45-60.

Downloads

Published

2025-01-16