Peningkatan Capaian Pembelajaran Model Pjbl Berbantuan Canva pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VIII di SMP PGRI Tumbrasanom

Authors

  • Dwi Ratna Puspitsari Devy Utami
  • Ayis Crusma Fradani
  • Ahmad Kholiqul Amin

Keywords:

learning Achievements, Project Based Learning, Canva

Abstract

Abstract

This study aims to determine: (1) student learning outcomes in Social Studies subjects before the application of the Project Based Learning (PjBL) learning model assisted by Canva application, and (2) student learning outcomes after the application of the learning model. This research is a type of Classroom Action Research (PTK) conducted at SMP PGRI Tumbrasanom with research subjects as many as 24 students in class VIII, consisting of 13 male students and 11 female students. The results showed a significant increase in student learning activities between cycle I and cycle II. In cycle I, the percentage of student learning activities was recorded at 50% with a sufficient category. While in cycle II, there was a quite drastic increase to 96% with a very good category. In addition, data analysis of cognitive learning outcomes showed an increase in learning completeness from 50% in cycle I to 96% in cycle II. Thus, the application of the Project Based Learning model assisted by Canva application proved to be effective in improving students' activities and learning outcomes. This model encourages students' active participation in the learning process and helps them understand the material more deeply.

 

Keywords: Learning Achievements, Project Based Learning, Canva

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebelum diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan aplikasi Canva, dan (2) hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP PGRI Tumbrasanom dengan subjek penelitian sebanyak 24 siswa kelas VIII, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa antara siklus I dan siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa tercatat sebesar 50% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II, terjadi peningkatan yang cukup drastis menjadi 96% dengan kategori sangat baik. Selain itu, analisis data terhadap hasil belajar kognitif menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar dari 50% pada siklus I menjadi 96% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan aplikasi Canva terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Model ini mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran serta membantu mereka dalam memahami materi dengan lebih mendalam

References

Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S., Fitri, I., & Nurmalia, L. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Modul Pembelajaran Interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. Kacanegara Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 177–186. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i2.1087.

Kemendikbud. (2022). Permendikbud Nomor 56 Tahun 2022 Tentang Pedoman Kurikulum Merdeka belajar. Jakarta: Gangian Hukum Kemendikbud RI.

Dwi Suryani,(2023). PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA INTERAKTIF BAGI SISWA KELAS XII-IPA7 SMA NEGERI 5 BALIKPAPAN. Jurnal penelitian Multidisiplin Ilmu (Vol.1, No.6, pp: 999-1026).

Petianus H.,Darniati G.,Jelita P.,Irwan S.,(2024). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Jurnal Penelitian Fisikawan (Vol.,7 Nomor:1)

Eliananda, M. B., 2023. Peningkatakan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Katolik Melalui Model Project Based Learning Pada Fase F di SMK Negeri 2 Palangka Raya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama, Volume 4, pp. 987-1005.

Hartati, H., Azmin, N., Nasir, M., & Andang, A. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan , 5 (12), 5795-5799. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1190

Downloads

Published

2025-06-17

Issue

Section

Articles