Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Assemblr terhadap Hasil Belajar
Keywords:
Discovery Learning, Assemblr, Hasil BeajarAbstract
Abstract
This study aims to explore the effect of implementing Discovery Learning model supported by Assemblr media on academic achievement of grade X students in Economics subject at SMAN 1 Balen. The method used in this study is quantitative with pretest-posttest design. In this study, it involved a sample of 36 students of class X-2 taken through purposive sampling. Information collection was done through giving learning ability test before and after the application of Discovery Learning method. The findings of the study showed a change in student learning outcomes after the implementation of the Discovery Learning model using Assemblr media. The implementation of the Discovery Learning model supported by Assemblr media shows the possibility of improving students' understanding of economic concepts.
Keywords: Discovery Learning, Assemblr, Learning Outcomes
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efek dari penerapan model Discovery Learning yang didukung oleh media Assemblr terhadap pencapaian akademik siswa kelas X di pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Balen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pretest-posttest. Dalam studi ini, melibatkan sampel yang terdiri dari 36 siswa kelas X-2 yang diambil melalui purposive sampling. Pengumpulan information dilakukan melalui pemberian uji kemampuan belajar sebelum dan setelah penerapan metode Discovery Learning. Temuan dari penelitian menunjukkan adanya perubahan hasil belajar siswa setelah penerapan model Discovery Learning menggunakan media Assemblr. Implementasi model Discovery Learning yang didukung oleh media Assemblr menunjukkan kemungkinan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep ekonomi.
References
Armiati, A. (2018). Inovasi Pendidikan Pembelajaran Ekonomi (Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi). 1–13. https://doi.org/10.31227/osf.io/xm57t
Azizah, N. (2021). Pentingnya Inovasi Dalam Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Artikel, 1–7.
Fradani, A. C., Stevani, F., & Kurniawan, A. (2022). Eksperimentasi Model Pembelajaran Self-Direct Learning dengan Media Pembelajaran Berbasis Komik Digital. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 80–87. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).10022
Handayani, T. (2024). Penerapan Media Augmented Reality Menggunakan Assemblr Edu untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Bidang IPAS di Tingkat Sekolah Dasar. 33(2), 129–146.
Muara, K., & Kota, S. (2021). Krida cendekia –. 01(05), 30–34.
Pujiningsih, A. L. M., Gunawan, A., & Adi, Y. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Phet Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(1), 1. https://doi.org/10.32934/jmie.v6i1.311
Saiful Rizal, A. (2023). Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Era Digital. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 11–28. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.329
Suwardi, A. A., Amril, L. O., & Mawardini, A. (n.d.). Pengaruh Media Digital Augmented Reality Berbantu Aplikasi Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. 3(2024), 126–138.
Widari, N. A. (2023). Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 1–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/yr8mp