Pengaruh Harga dan Strategi WoM terhadap Keputusan Pembelian di FM Digital Printing Bojonegoro

Moch Riska Ramadhana, Taufiq Hidayat, Ali Noeruddin

Abstract


Abstract

This study aims to determine how consumers make judgments about what to buy at the FM Digital Printing Store in Bojonegoro are influenced by price and Word of Mouth (WOM) marketing. While WOM marketing is a type of indirect promotion that can affect consumer perceptions and interests, price is one of the key marketing variables that consumers frequently considerations before choosing what to purchase.. 67 respondents who have made purchases from the FM Digital Printing Store were given questionnaires as part of this study's quantitative approach and survey methodology. Multiple linear regression is the method of data analysis that is employed. The study's findings show that pricing and word-of-mouth (WOM) marketing both greatly impact consumers' purchasing decisions. This result suggests that the FM Digital Printing Store in Bojonegoro can enhance customer purchase decisions through a competitive pricing strategy and effective WOM management.

Keywords: Price, Word Of Mout (WOM), Purchasing Decisions, Digital Printing

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keputusan pembelian konsumen di Toko Percetakan Digital FM di Bojonegoro dipengaruhi oleh harga dan pemasaran dari mulut ke mulut (WOM). Sementara pemasaran WOM merupakan jenis promosi tidak langsung yang dapat memengaruhi persepsi dan minat konsumen, harga merupakan salah satu variabel pemasaran utama yang sering dipertimbangkan konsumen ketika membuat keputusan tentang apa yang akan dibeli. 67 responden yang telah melakukan pembelian di Toko Percetakan Digital FM diberikan kuesioner sebagai bagian dari pendekatan kuantitatif dan metodologi survei penelitian ini. Regresi linier berganda adalah metode analisis data yang digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa harga dan pemasaran dari mulut ke mulut (WOM) keduanya secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Hasil ini menunjukkan bahwa Toko Percetakan Digital FM di Bojonegoro dapat meningkatkan keputusan pembelian pelanggan melalui penerapan harga yang kompetitif dan manajemen WOM secara akurat.

Kata Kunci: Harga, Word Of Mout (WOM), Keputusan Pembelian, Digital Printing


Keywords


: Harga, Word Of Mout (WOM), Keputusan Pembelian, Digital Printing

Full Text:

PDF

References


Aliyah, K., & Santoso, R. P. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD Sunan Kudus. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(2), 183–187. https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.5662

Ariyanti, C. N., Munawaroh, M., Hasibuan, M. Z., Hidayat, T., & Radiansyah, M. (2023). Pengaruh Biaya, Layanan Dan Ulasan Konsumen Terhadap Keputusan Untuk Membeli Di UD Harapan Tani Di Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Mutiara Manajemen, 13–21. https://doi.org/10.51544/jmm.v8i2.4676

Habeahan, H. S., Kristianto, W., & Handini, Y. D. (2024). 3 , 7. 12(1), 75–82.

Rika pristian (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(2), 439–448. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i2.546

Manajemen, S. M. (2022). Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(3). https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i3.18720

Melindawaty, M., & Istikomah, K. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Kosmetik Emina di Jakarta Selatan). Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (JEBISMA), 2(1). https://doi.org/10.70197/jebisma.v2i1.38

Rizqika Solekhah, Muhammad Syaifulloh, & Ari Kristiana. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Word Of Mouth (WOM) Atau Testimoni Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Produksi Tia Sprei. Jurnal Projemen UNIPA, 10(3), 78–90. https://doi.org/10.59603/projemen.v10i3.83

Agung, P., Kualitas, D. A. N., & Terhadap, P. (2024). Pengaruh wom, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sandal di surabaya 1,2,3. 3(2), 185–195.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.