Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata IPS Kelas VII Siswa Mts Al-Amiriyah Belun Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro

Siftia Alfiana Maulida, Taufiq Hidayat, Ali Noeruddin

Abstract


Abstract

This academic study aims to identify the impact of learning independence and parental attention on students’ creative thinking abilities in social studies subjects for Grade VII students at MTS Al-Amiriyah Belun, Temayang District, Bojonegoro Regency. The research adopts a quantitative approach, involving 84 students selected as respondents through a sampling technique. The sampling method used was purposive sampling. Data collection was conducted using questionnaires and direct observation. The study findings indicate that: (1) There is a significant positive impact of Learning Independence on students’ Creative Thinking Ability, as evidenced by a t-value of 3.616, which exceeds the critical value of 1.989. (2) Parental Attention also contributes positively to students’ Creative Thinking Ability, with a t-value of 3.555, also surpassing the critical value of 1.989. (3) Simultaneously, Learning Independence and Parental Attention have a joint positive contribution to students’ Creative Thinking Ability, as indicated by an F-value of 28.918, exceeding the critical value of 3.13.

Keywords: Learning Independence, Parental Attention, and Creative Thinking

Abstrak

Kajian akademis berikut memiliki sasaran mengidentifikasi dampak kemandirian belajar dan perhatian orang tua  terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII MTS AL-AMIRIYAH belun kecamatan temayang kabupaten bojonegoro. Adapun strategi yang diterapkan pada kajian tersebut ialah sistem numerik (kuantitatif). Dengan melibatkan 84 siswa sebagai responden yang ditetapkan melalui metode pemilihan sampel. Strategi penentuan contoh diterapkan dengan cara purposive sampling. Proses pengumpulan data memanfaatkan kuesioner dan pengamatan langsung. Temuan studi mengindikasikan bahwa: (1) Terdapat dampak afirmatif yang substansial antara Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Berpikir Kreatif peserta didik, dengan besaran thitung mencapai 3.616 yang melampaui ftabel senilai 1,989. (2) Perhatian Orang Tua murid juga mempunyai kontribusi afirmatif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif peserta didik, dibuktikan dengan besaran thitung mencapai 3.555 dan ftabel senilai 1,989. (3) Secara bersamaan, Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua memberikan kontribusi afirmatif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif peserta didik, dengan besaran fhitung mencapai 28.918 yang melampaui ftabel senilai 3,13.

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Berpikir Kreatif


Keywords


Kemandirian Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Ananda, R. (2019). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10.

Amalia, N. R., Fajriah, N., & Sari, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Sis a Smp Menggunakan Permasalahan Open-Ended. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 177. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7378.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. CV. PENA PERSADA

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 32(1), 67-75.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penebit Universitas Diponegoro.

Sari, A. N., Khoirotunnisa, A. U., & Astuti, R. P. F. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Plotagon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap Kreatif Siswa. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 3(1), 42-51.

Siti Dewi Sartika, (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Rumah Mata Pelajaran IPS Di Madrasah Tsana iyah Nahdlatul Ulama Pakis . Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63.

Undang - Undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.

Iknatius Suriani Marpaung, (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sis a Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII MIPA 1 Di SMAN Kota Jambi. Skripsi Sarjana, (Universitas Batanghari Jambi).

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). di akses pada 10 Desember 2024. https://kbbi. eb.id/didik

Khoir, Q. (2024). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu, Teknologi, dan Masyarakat (ITM): Tujuan, Keterkaitan, dan Dampaknya Terhadap Perkembangan IPTEK. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(4), 194-207.

Linasari, R., & Arif, S. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Minat Belajar IPA Sis a Kelas VIII SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 186–194.

Lusi Lusandri, (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Selama Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Skripsi Sarjana, ( Institut Agama Islam Negri IAIN Bengkulu).

Ishlahul'Adiilah, I., & Haryanti, Y. D. (2023). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 49-56.

Moh Toharudin. 2021. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya Untuk Pendidik Yang Profesional. Klaten: Lakeisha.

Noeruddin, A. Maghfiroh, F., Mujahidin, A. (2023) Analisis kemampuan pemecah masalah matematis sis a pada materi tabung ditinjau dari disposisi matematis. Jurnal Pendidikan Edutama Vol. 10 (1).

Nisa, U., & Cahyo, E. D. (2023). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini Di TK Rejo Asri. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 3(2).

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Peggi Khoirul Nadhiroh (2023), Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. (Skripsi Sarjana, Universitas Lampung Bandar Lampung).

Rita Ningsih dan Arfatin Nurrohmah. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 73-84.

Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., Agus, R. T. A., & Perti i, D. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasis a Pada Mata Kuliah Logika Komputer. Journal of Science and Social Research, 5(3), 715. https://doi.org/10.54314/jssr.v5i3.1205.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi teorema pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237.

Yuninda Ike Murni Saputri , (2020). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kedisiplinan Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Sis a Kelas IV SD Negri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Malang).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.