Upaya Guru Pendidikan Pancasila Dalam Menbentuk Nilai Karakter Tanggung Jawab Siswa
Keywords:
Pendidikan Pancasila, karakter, tanggung jawab, guru, siswaAbstract
Abstract
This study aims to describe the initiatives of Pancasila Education teachers in forming character values of responsibility in grade X-6 students at SMA Negeri 1 Balen Bojonegoro. The method used in this study is a descriptive qualitative approach. Data were collected through various techniques, including observation, interviews, documentation, and questionnaires. The results of the study indicate that Pancasila Education teachers have integrated character values into the learning process, provided good examples, and implemented strategies that encourage student discipline and concern. Despite facing challenges such as lack of student awareness and the influence of the external environment, these teachers managed to overcome these problems with a persuasive approach and collaborate with students' parents. The efforts made by these teachers have proven to have a positive impact on students' responsible behavior in everyday life.
Keywords: Pancasila education, character, responsibility, teacher, student.
Abstrak
Dalam penelitian ini bertujuan untuk menguraikan inisiatif guru Pendidikan Pancasila dalam membentuk nilai karakter tanggung jawab pada siswa kelas X-6 di SMA Negeri 1 Balen Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui berbagai teknik, termasuk observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru Pendidikan Pancasila telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam proses pembelajaran, memberikan teladan yang baik, serta menerapkan strategi yang mendorong kedisiplinan dan kepedulian siswa. Meskipun dihadapkan pada tantangan seperti kurangnya kesadaran siswa dan pengaruh lingkungan luar, guru-guru tersebut berhasil mengatasi masalah ini dengan pendekatan persuasif dan menjalin kolaborasi dengan orang tua siswa. Upaya yang dilakukan oleh para guru ini terbukti memberikan dampak positif terhadap perilaku tanggung jawab siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Pendidikan Pancasila, karakter, tanggung jawab, guru, siswa
References
Rahman, A. , Munandar, S. A. , Fitria, A. , Karlani, Y. , dan Yumriani. ﴾2022). Definisi Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Elemen-Elemen Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2﴾1﴿, 1-8
L Arianto (2019), Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Membentuk Karakter Peserta Didik I Arianto, E Solihatin - Jurnal PPKn UNJ Online, 2013 - academia. ed
Fifi Zuhriah dan Siti Mahbubah, 2024, “Efektivitas Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PPKn Dikelas VIII SMP Darussalam Baureno Tahun Pelajaran 2023/2024’’.
Hidayatullah, N. R. ﴾2019﴿. Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media.
Neneng Rika J K. “Pandanga Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terhadap Profesi Pendidik”, Jurnal (Bojonegoro: Ikip Pgri Bojonegoro, 2019).
Meleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahman, et al. ﴾2022﴿. Implementasi Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: Deepublish.
Sari, S. P., Bermuli, J. E. ﴾2022﴿. Tanggung Jawab Dalam Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.