Analisis Strategi Pendidikan Karakter Dalam Mencegah Bullying Di SMA Muhammadiyah Kedungadem
Keywords:
Perundungan, Pendidikan, Guru, Siswa SMAAbstract
Abstract
Bullying is a serious issue faced by many students in schools, and it not only negatively impacts the environment but also creates a harmful learning environment. Implementing character education in schools can increase students'empathy and resilience against bullying. This study aims to analyze the effectiveness, threats, and consequences of character education strategies in combating bullying in SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem. The research uses qualitative research with descriptive methods to gather, analyze, and describe the character education strategies. The study also examines the interaction between students, teachers, and school environment to create positive character traits to prevent bullying. Data collection methods include observation, observational observation, and documentation. The combination of observation, observational observation, and documentation can provide valuable insights into the learning process and bullying prevention strategies in schools.
Abstrak
Perundungan adalah masalah serius yang dihadapi oleh banyak siswa di sekolah, dan hal ini tidak sekedar memberikan pengaruh negatif pada lingkungan namun juga menciptakan suasana dalam lingkungan belajar yang berbahaya. Menerapkan pendidikan karakter di sekolah dapat meningkatkan empati dan ketahanan siswa terhadap perundungan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas, ancaman, dan konsekuensi dari strategi pendidikan karakter dalam memerangi perundungan di SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mendeskripsikan strategi pendidikan karakter. Studi ini juga meneliti interaksi antara siswa, guru, dan lingkungan sekolah untuk menciptakan sifat karakter positif guna mencegah perundungan. Metode pengumpulan data mencakup observasi, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Kombinasi dari observasi, observasi langsung, dan dokumentasi dapat memberikan wawasan berharga tentang proses pembelajaran dan strategi pencegahan perundungan di sekolah.
References
Armini, N. K. (2024). Evaluasi metode penilaian perkembangan siswa dan pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka pada sekolah dasar. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 98-112.Setyawan, D. H., Cahyati, A. D., & Putra, P. (2024). UPAYA PENINGKATAN BISNIS DENGAN DIGITAL BRANDING PEMBUATAN LOKASI UMKM MELALUI APLIKASI GOOGLE MAPS DI DESA SIRNAJAYA. An-Nizam, 3(2), 67-74.
Kartika, I., & Arifudin, O. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 147-160.
Mahbubah, S., Saputri, E. D., & Zuhriah, F. (2024). EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKN DIKELAS VIII SMP DARUSSALAM BAURENO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol. 2, No. 2, pp. 375-379).
Rokhim, S. N., Kholidah, N. R. J., & Ismaya, H. (2024). Implementasi Pendidika Karakter Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasionall. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol. 2, No. 2, pp. 361-365).
Safaat, R. A. (2023). Tindakan bullying di lingkungan sekolah yang dilakukan para remaja. Jurnal Global Ilmiah, 1(2), 97-100.