Implementasi Pembelajaran Quiz Team Dalam Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
Keywords:
Quiz Team, Pendidikan Pancasila, Keaktifan SiswaAbstract
Abstract
This study aims to examine the implementation of the Quiz Team learning method in increasing student engagement in Pancasila Education subjects for 10th-grade students at SMA Negeri 1 Kedungadem. The low level of student participation in Pancasila Education which is frequently viewed as dull and less relevant was the driving force behind the study. Observations, interviews, and documentation were employed to collect data for this descriptive qualitative study. The results indicate that the implementation of the Quiz Team method effectively enhances student participation, particularly in group discussions, expressing opinions, and collaborative work. The method creates a fun, competitive, and collaborative learning environment. Students became more enthusiastic and motivated to engage in the learning process. In conclusion, the Quiz Team method is effective in promoting student activeness and is suitable for application in Pancasila Education as well as other subjects.
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan mengevaluasi bagaimana implementasi model pembelajaran Quiz Team dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas X SMA Negeri 1 Kedungadem. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila yang dinilai kurang menarik dan tidak sesuai dengan minat mereka. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi guna memahami secara mendalam implementasi pembelajaran dan dampaknya terhadap keaktifan siswa. Hasilnya menunjukkan seberapa signifikan pendekatan pembelajaran Quiz Team bekerja untuk meningkatkan keterlibatan siswa, terlihat dari keterlibatan mereka dalam diskusi kelompok, keberanian menyampaikan pendapat, serta meningkatnya kemampuan bekerja sama antar siswa. Dengan model pembelajaran ini secara efektif menghasilkan lingkungan belajar yang menyenangkan, kompetitif, sekaligus kolaboratif. Hal tersebut memacu siswa untuk lebih antusias dan termotivasi dalam mengikuti setiap proses pembelajaran. Kesimpulannya, metode Quiz Team efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dan sangat relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila maupun mata pelajaran lainnya.
References
Andriani, R., & Suratman, A. (2021). Media pembelajaran berbasis andrioid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 56–65. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.10654
Asiva Noor Rachmayani. (2015). Metode Penelitian Kualitatif.
Budianto, M. I., Fradani, A. C., & Stevani, F. (2021). Eksperimentasi Model Pembelajaran Quiz Team Dengan.
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21.
https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Helaludin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik (p. 33).
Jawaher, J. (2023). Penerapan Metode Team Quiz Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xii Mipa 4 Sman 1 Tualang. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 378–391. https://doi.org/10.60126/maras.v1i3.72
Junarti, J., Zuhriah, F., Pristian, R., & Fatimah, S. (2020). PENINGKATAN BUDAYA LITERASI ANAK DI SDN NGAGLIK KECAMATAN KASIMAN BOJONEGORO. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1), 22–26.
Kholidah, N. R. J., & Saputri, E. D. (2019). Pandangan mahasiswa program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terhadap profesi pendidik. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1).
Moloeng, L. J. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Putri, A., Rika, N., Kholidah, J., Noeruddin, A., & Models, L. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan. XIII(1), 38–51.
Rika, N., Kholidah, J., Heru, C., Prastiwi, W., & Ika, O. (2025). Jurnal Transformasi Pendidikan Berkelanjutan ENGLISH FOR CIVICS ( NEED ANALYSIS IN INDONESIA CONTEXT ) Jurnal Transformasi Pendidikan Berkelanjutan. 6(1), 127–141.
Rika, N., Kholidah, J., & Saputri, E. D. (n.d.). Pandangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). CV. Budi Utama. https://books.google.co.id/books?id=qy1qDwAAQBAJ
Sulistyowati, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Quiz Team Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Pemerintah Kabupaten Dan Kota Pada Siswa Kelas IV SD 4 Kaliwungu. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v1i2.3428
Utomo, H. (2020). Penerapan media quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran tematik siswa kelas IV SD Bukit Aksara Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 37–43. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.6
Zuhriah, F., Fatimah, S., Kecamatan, N., & Kabupaten, K. (2020). Kecamatan Kasiman Bojonegoro. 8, 22–26.