Pengaruh Mobile Legends Terhadap Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas IX SMP Gusdur

Authors

  • Bayu Setiawan
  • Ernia Duwi Saputri IKIP PGRI Bojonegoro
  • Heru Ismaya

Keywords:

Mobile Legends, Prestasi Belajar, PPKn, Game Online

Abstract

Abstract

The intensity of play online games, particularly Mobile Legends, has become a concerning phenomenon among students due to its potential to disrupt academic performance, including in Pancasila and Civic Education (PPKn), which requires high concentration. The studying aims to analyze the effect of the intensity of playing Mobile Legends on the PPKn learn achievement of IX grade students of SMP Gusdur Soko..The research employs a quantitative approach with a correlation descriptive design. The research sample consisten in 14 Class IX students selected through purposive sampling based on the criterion of a minimum gaming intensity of 2 hours per day. Data was collected use a gaming intensity questionnaire and documentation of PPKn Midterm Exam (UTS) scores. The research instruments have been teste for validity and reliability. Data analysis was conducted use a simple linear regression test. The results show that the intensity of playing Mobile Legends had a negative and significant effect on PPKn learned achievement (sig. = 0.000 <0.05), with a regression coefficient of -1.025. This finding proves that the high intensity of play Mobile Legends, the lower the students' learn achievement in PPKn.

Abstrak

Intensitas bermain game online, khususnya Mobile Legends, telah menjadi fenomena yang mengkhawatirkan di kalangan pelajar karena berpotensi mengganggu prestasi akademik, termasuk dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis pengaruh intensitas bermain Mobile Legends terhadap prestasi belajar PPKn siswa kelas IX SMP Gusdur Soko. Pendekatan penelitian yang dipakai adalah kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 14 siswa kelas IX yang diambil melalui teknik purposive sampling berdasarkan kriteria intensitas bermain minimal 2 jam per hari. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner intensitas bermain game dan dokumentasi nilai Ujian Tengah Semester (UTS) PPKn. Instrumen penelitian telah diuji validitas serta reliabilitas. Analisis data dilakukan memakai uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa intensitas bermain Mobile Legends berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar PPKn (sig. = 0.000 < 0.05), dengan koefisien regresi senilai -1.025. Temuan ini membuktikan bahwa semakin tinggi intensitas bermain Mobile Legends, semakin rendah prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn.

References

Alfatimah, A. (2022). Analisis Dampak Game Online Mobile Legends Bang Bang Terhadap Konsentrasi Belajar Di Sman 1 Seputih Agung Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah. 43–45.

Anderson, C.A., & Dill, K.E. (2000). Vidio Games and Aggressive Thoughts, Feelings, and Behavior in the Laboratory and in Lfe. Journal of Personality and Social Psychology, 78(4), 772-790.

Aqwa, M. F. (2021). Pengaruh Bermain Game Online Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Ngadiluwih. Skripsi (Institut Agama Islam Negeri (Iain) Kediri), 1–80.

Daud, R. F., Marini, M., & Monica, D. (2022). Pengaruh Game Online “Mobile Legend” dan Psikologi Anak Terhadap Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi dalam Keluarga. Empiricism Journal, 3(2), 254–263. https://doi.org/10.36312/ej.v3i2.1005

Fidiyawati, P., & Ismaya, H. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI POKOK KEBERAGAMAN SARA DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA DI SEKOLAH MTS HIDAYATUL ATHFAL KALIREJO FPIPS, IKIP PGRI BOJONEGORO. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 1(1), 1–12. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Irwandi, D., Masykur, R., & Suherman, S. (2021). Korelasi Kecanduan Mobile Legends Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 2(3), 292–299. https://doi.org/10.46306/lb.v2i3.87

Nada, I. Q. (2019). Pengaruh Game online mobile Legend Terhadap Sikap Belajar Siswa Kelas Xi Mipa 2 Sman 1 Taman Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 1–106.

Nugrananda Janttaka. (2020). Analisis Dampak Game Online Mobile Legend Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Inventa, 4(2), 132–141. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2683

Rika, N., Kholidah, J., & Saputri, E. D. (n.d.). (2019). Pandangan mahasiswa program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terhadap profesi pendidik. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4 (1).

Sweller, J. (2020). Cognitive Load Theory and Educational Technology. Educational Technology Research and Development, 68(1), 1-16.

Downloads

Published

2025-06-17

Issue

Section

Articles