Pengaruh Metode Wordsquare terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran PPKn Di SMP N 2 Soko

Authors

  • Fina Amelia Fajri
  • Ernia Duwi Saputri IKIP PGRI Bojonegoro
  • Heru Ismaya

Keywords:

Metode WordSquare, Berpikir Kritis, Pembelajaran PPKn

Abstract

Abstract

This study focuses on assess the impact of applying the Word Square studying method on students' development of critical thinking skills in the subject of Pancasila and Civic Education (PPKn) at SMP Negeri 2 Soko. Quantitative method with descriptive statistical approach was chosen in this study. This study selected a sample of 36 students from 6 classes and 6 subjects. The instruments used consisted of a questionnaire of 20 question items and 10 essays to evaluate students' critical thinking skills. Data was  analyzed by utilizing Microsoft Excel, including normality test with Shapiro-Wilk. The results of the t-statistic study showed that there was a positive and significant impact of the independent variable (Variable X) on the dependent variable (Variable Y). This finding suggests that the Word Square method can serve as a good option to improve the quality of learning. Civics. However, this study is limited to one independent variable, so it is recommended to consider additional variables in future research. 

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk menilai dampak pengaplikasian metode pembelajaran Word Square terhadap perkembangan siswa dalam kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Negeri 2 Soko. Metode kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif dipilih dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 36 siswa dari  6 kelas dan 6 mata pelajaran. Instrumen yang digunakan terdiri dari kuesioner sebanyak 20 item pertanyaan dan 10 essai untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Data dianalisis dengan memanfaatkan Microsoft Excel, termasuk uji normalitas dengan Shapiro-Wilk. Hasil penelitian statistic t menunjukkan bahwa ditemukan dampak positif dan signifikan dari variabel independent (Variabel X) pada variable dependen (Variabel Y). Temuan ini menunjukkan bahwa metode Word Square dapat berfungsi sebagai pilihan yang baik untuk meningkatkan mutu pembelajaran. PPKn. Namun, penelitian ini terbatas pada satu variabel bebas, sehingga disarankan untuk mempertimbangkan variabel tambahan dalam penelitian selanjutnya.

References

Fitri, R. P., Prastiwi, C. H. W., Kholidah, N. R. J., & Ismaya, H. (2021). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) Pada Materi Produksi dan Pertumbuhan Ekonomi. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 128-133.

Ruwaidah, R., Saputri, E. D., & Zuhriah, F. (2024). Peran Guru PPKN Dalam Penerapan Sikap Jujur Dan Bertanggung Jawab Siswa Kelas VII Putri di MTs Tarbiyatut Tholabah Kranji. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol. 2, No. 2, pp. 143-149).

Salsabila, Silmi, dan Abas Asyafah. (2018) “Efektivitas Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Kelas Ix Di Smp Negeri 7 Depok.” 16(1): 9.

Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Rizqi, A. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Nurul Falah Pondok Ranji. 1–97. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49381

Seminar, P., & Statistika, N. (2011). PERBEDAAN PANDANGAN SKALA LIKERT SEBAGAI SKALA ORDINAL ATAU SKALA INTERVAL 1) Suliyanto 1. 978–979.

Herwandanu, B., & Suprayitno. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 3 Sdn 2 Slempit Kedamean Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(12), 2201–2210. https://core.ac.uk/download/pdf/230636207.pdf

Handayani, D. R. (2023). Pengaruh Model Self-Organized Learning Environment Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi di SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 7(1), 108–117. https://doi.org/10.29408/geodika.v7i1.12231

Downloads

Published

2025-06-17

Issue

Section

Articles