Pengaruh Model CTL Berbantuan Video Inshoot terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa
Abstract
Abstract
This study aims to determine the effect of the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model assisted by learning videos with the InShot application on the economic learning outcomes of class X SMKT Fathul Majid students. The method used is quantitative with a pseudo-experimental design. Data obtained through post-treatment learning outcomes tests were analyzed using statistical tests. The results showed that the experimental group had a higher average score than the control group. The t-test shows a significance value of 0.012 (<0.05), which means there is a significant difference in learning outcomes. Based on the validity, reliability, difficulty level, and distinguishing power tests, the instruments used were declared feasible. This study shows that the video-assisted CTL model is effective in improving students' economic learning outcomes
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan video pembelajaran dengan aplikasi InShot terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMKT Fathul Majid. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Data diperoleh melalui tes hasil belajar pasca perlakuan yang dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,012 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Berdasarkan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda, instrumen yang digunakan dinyatakan layak. Penelitian ini menunjukkan bahwa model CTL berbantuan video efektif dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ramadhani, Riska Nadira. (2024). Pengaruh Metode Project Based Learning (PJBL) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-6 di SMAN 1 Padangan. Skripsi, Pendidikan Ekonomi, IKIP PGRI Bojonegoro.
Rosalia, Ely. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Shopee Paylater terhadap Impulse Buying Produk Fashion pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Skripsi, Pendidikan Ekonomi, IKIP PGRI Bojonegoro.
Stevani, Fruri. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI-5 SMA Negeri 1 Balen. Skripsi/Diploma thesis, IKIP PGRI Bojonegoro.
Stevani, Fruri. (2024). “Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi.” Penelitian internal IKIP PGRI Bojonegoro.
Fradani, A. C., Stevani, F., & Kurniawan, A. (2022). Eksperimentasi Model Pembelajaran Self-Direct Learning dengan Media Pembelajaran Berbasis Komik Digital. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 13(1), 80-87. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).10022
Prihantini, I., Stevani, F., & Sujiran. (2025). Implementasi Game-Based Learning Berbantu Media Monopoli terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 16(1), 57-65.
https://doi.org/10.25299/perspektif.2025.vol16(1).22006Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Chofifah, N., & Setiawan, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berbantuan Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa.
Ermiana, F., & Fauzi, M. (2024). Pengaruh CTL Berbantuan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika.
Dewi, S., & Dwikoranto, F. (2021). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.