Pengaruh Model Pembelajaran POE Berbantuan Media AR terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Kedungadem
Abstract
Abstract
The goal of this research is to determine the effect of the Predict Observe Explain (POE) learning model assisted by Augmented Reality (AR). The problem raised in this study is the low learning achievement of the students in class IX-8 at SMAN 1 Kedungadem, which can be seen from the initial test results. The average score of the 36 students is only 54.39, which means that this score has not reached the minimum passing grade (KKM) of 75. This research is quantitative. The study was conducted at SMAN 1 Kedungadem using the Probability Sampling technique with cluster sampling as the sampling type, and the sample used consists of 36 students from class XI-8 at SMAN 1 Kedungadem. The instruments used are tests (pretest-posttest), while the data analysis methods applied include normality tests and paired sample t-tests. The research results indicate a difference shown by the average pretest score of 54.39 and a posttest score of 87.00. In addition, the Sig.(2-tailed) value is 0.000 < 0.05, therefore Ho is rejected and Ha is accepted, with a significance value of the posttest obtained at 0.060 (p>0.05). This means that there is an influence of the Predict Observe Explain learning model assisted by Augmented Reality (AR) media on student learning outcomes at SMAN 1 Kedungadem.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) yang dibantu dengan media Augmented Reality (AR). Rendahnya pencapaian belajar murid-murid di kelas IX-8 di SMAN 1 Kedungadem, yang dibuktikan dengan hasil tes awal, merupakan masalah yang diangkat dalam studi ini. Nilai rata-rata 36 murid hanya 54,39, yang berarti mereka belum mencapai nilai kelulusan minimal (KKM) sebesar 75. Penelitian ini bersifat kuantitatif. 36 murid dari kelas XI-8 di SMAN 1 Kedungadem menjadi sampel yang digunakan dalam studi ini dengan menggunakan pendekatan Probability Sampling dengan jenis sampling cluster random sampling. Instrumen yang digunakan termasuk tes (pretest-posttest), sementara prosedur analisis data yang diterapkan termasuk uji normalitas dan uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang tercermin dari rata-rata skor pretest sebesar 54,39 dan skor posttest sebesar 87,00. Selain itu, dengan nilai signifikansi posttest sebesar 0,060 (p>0,05) dan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, Ho ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan media Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Kedungadem
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, R. P. F., & Destiasa, E. I. (n.d.). Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning sebagai Upaya Meningkatan Proses Pembelajaran.
Carolina, Y. D. (2022). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448
Daulay, H., Syefrinando, B., Wirman, R. P., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. 7.
Faiza, M. N., Yani, M. T., & Suprijono, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Basicedu, 6(5), 8686–8694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3901
Filham, F. A., Fradani, A. C., & Stevani, F. (n.d.). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN BAAMBOOZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 PARENGAN.
Jahi, M., Irfan, M., Rahman, A., & Hermuttaqien, B. P. F. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 24–31.
https://doi.org/10.56393/kognisi.v4i1.2115
Julhidayat Muhsam. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERBASIS MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIS AL-FITRAH KOTA KUPANG.
Khusna, A. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FISIKA. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 221–228. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.511
Matturungan, S. M. A., Yunus, N. M., & Khaerati, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII UPT SMP Negeri 3 Sabbang Selatan. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2), 101–113.
https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.382
Maulidiah, P., Ahman Sya, & Lia Kusumawati. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pelajaran Geografi di Kelas X SMAN 36 Jakarta. JPIG (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi), 8(2), 75–84. https://doi.org/10.21067/jpig.v8i2.8619
Puji Purdhiyah, Wulandari, S., Wulandari, M., & Annovasho, J. (2022). Studi Literatur: Penerapan Model Pembelajaran Prediction, Observation, and Explanation (POE) pada Pembelajaran Fisika. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 87–95. https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i2.190
Puspitaningsih, S., Amin, A. K., & Irhadtanto, B. (2023). Implementasi Aplikasi Pembelajaran Bangun Datar pada Siswa Sekolah Dasar Berbasis Mobile. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(2), 239. https://doi.org/10.30734/jpe.v10i2.3394
Rima Rikmasari, Kori Sundari, & Halimah Nuraini. (2022). MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1634–1645. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3187
Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. 1.
Tirtanawati, M. R., & Astuti, R. P. F. (2024). Penggunaan Web Wordwall Sebagai Bentuk Adaptasi Teknologi Untuk Meningkatkan Literasi Digital Pada Siswa Kelas 4 SDN Ledok Kulon 1 Bojonegoro. 7.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.