Pengaruh Model Pembelajaran Radec (Read, Answer, Discuss, Explain And Create) Berbantuan Nearpod terhadap Prestasi Belajar Siswa
Abstract
Abstract
This study examines the effect of applying the RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) learning model integrated with Nearpod interactive media in improving economic learning achievement. The experimental study was conducted on 32 students of class XI-E MAN 2 Bojonegoro in the academic year 2024/2025 using pre-test and post-test measurements. The results of statistical analysis through Paired Sample t-Test revealed a significant transformation with the acquisition of a significant result of 0.000 (<0.05), confirming the rejection of H₀ and acceptance of Hₐ. The substantial increase from the mean pre-test score of 47.03 to 85.47 in the post-test reflects the success of the learning approach that combines systematic constructivistic activities with an interactive digital platform. The findings highlight the potential synergy between literacy-based learning models and contemporary educational technologies in creating a dynamic, participatory and student-centered learning environment. The Nearpod-assisted RADEC model is proven to bridge the gap between conventional learning and the needs of education in the digital era by promoting active engagement, critical thinking, as well as deep conceptual understanding in economics subjects.
Abstrak
Penelitian ini mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) diintegrasikan dengan media interaktif Nearpod dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi. Studi eksperimental dilaksanakan pada 32 siswa kelas XI-E MAN 2 Bojonegoro tahun ajaran 2024/2025 menggunakan pengukuran pretest dan posttest. Hasil statistik melalui Paired Sample t-Test mengungkapkan transformasi signifikan dengan perolehan hasil yang signifikan 0,000 (< 0,05), menegaskan penolakan H₀ dan penerimaan Hₐ. Peningkatan substansial dari rerata nilai pre-test 47,03 menjadi 85,47 pada post-test mencerminkan keberhasilan pendekatan pembelajaran yang menggabungkan aktivitas konstruktivistik sistematis dengan platform digital interaktif. Temuan ini menyoroti potensi sinergi antara model pembelajaran berbasis literasi dengan teknologi pendidikan kontemporer dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, partisipatif, dan berpusat pada siswa. Model RADEC berbantuan Nearpod terbukti menjembatani kesenjangan antara pembelajaran konvensional dan kebutuhan pendidikan di era digital dengan mendorong keterlibatan aktif, pemikiran kritis, serta pemahaman konseptual yang mendalam pada mata pelajaran ekonomi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, O., Fatikhin, C., Budiyanto, M., & Qosyim, A. (2024). Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 8(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/
Amandha Fhadillah Siregar, Ridwan, F. S., & Hasibuan, S. (2023). Implementasi model pembelajaran berbasis perencanaan yang efektif untuk meningkatkan prestasi siswa. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, 2(1), 234–243. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i1.502
Ami, R. A. (2021). Optimalisasi pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Astuti, R. P. F., Kholidah, N. R. J., & Tirtanawati, M. R. (2023). Implementasi metode pembelajaran discovery learning berbantu Moodle pada matakuliah ekonomi regional. De_Journal:Dharmas Education Journal, 4(2), 499–504. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Aulia, U., Baalwi, M. A., & Assegaf Baalwi, M. (n.d.). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Nearpod pada tema 6 subtema perubahan energi kelas III MI Roudlotul Mustashlihin Sukodono. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(1).
Banafsa, A. (2024). Pengaruh penggunaan model pembelajaran RADEC berbantuan media Assemblr Edu terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 02 Josenan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(1), 731–742.
Biassari, I., Putri, K. E., Nusantara, U., & Kediri, P. (n.d.). Penggunaan media video pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Nearpod pada materi kecepatan di sekolah dasar.
Crusma Fradani, A., Rosyida, F., & Khasanah, S. K. (2018). Eksperimentasi model pembelajaran probing prompting yang didukung metode resitasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS di MTs Abu Darrin Bojonegoro. Jurnal Edunomic, 6(2), 50–56.
Riska, R., Syafrizal, S., Ginting, F. W., Zahara, S. R., & Widya, W. (2025). Pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) berbantuan Wordwall terhadap literasi sains siswa. Lambda: Jurnal Pendidikan MIPA dan Aplikasinya, 5(1), 154–161. https://doi.org/10.58218/lambda.v5i1.1230
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.