Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Abstract
The main objective of this study is to examine the effectiveness of the implementation of the Problem Based Learning (PBL) learning model on students' learning outcomes in the context of Social Science learning in class XI MA Assalam Bangilan Tuban. The research adopted a quantitative approach with a pseudo-experimental design comparing two groups: an experimental group that received PBL model intervention and a control group that followed traditional learning methods. Data acquisition was carried out through written test instruments, systematic observation, and questionnaire distribution. Empirical analysis revealed a significant disparity in learning outcomes between the two groups, with the experimental group demonstrating more substantial progress. Validation of the research instruments was conducted comprehensively to ensure the validity and reliability of the data collected. The findings of this study confirm that the integration of PBL model in learning has the potential to optimise students' learning outcomes in a meaningful way, while providing a solid empirical foundation for the development of more adaptive and innovative learning strategies in the future
Abstrak
Tujuan utama penelitian ini adalah mengkaji efektivitas implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap capaian belajar peserta didik dalam konteks pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas XI MA Assalam Bangilan Tuban. Penelitian mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen semu yang membandingkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang mendapatkan intervensi model PBL dan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan metode tradisional. Akuisisi data dilaksanakan melalui instrumen tes tertulis, observasi sistematis, dan penyebaran kuesioner. Hasil analisis empiris mengungkapkan adanya disparitas signifikan dalam capaian belajar antara kedua kelompok tersebut, dengan kelompok eksperimen mendemonstrasikan progresivitas yang lebih substansial. Validasi instrumen penelitian dilakukan secara komprehensif untuk memastikan validitas dan reliabilitas data yang dikumpulkan. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa integrasi model PBL dalam pembelajaran berpotensi mengoptimalkan hasil belajar peserta didik secara bermakna, sekaligus menyediakan landasan empiris yang kokoh bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan inovatif di masa mendatang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, 14(1), 11-18.
Ermawati, S., & Hidayat, T. (2017). Penilaian autentik dan relevansinya dengan kualitas hasil pembelajaran (persepsi dosen dan mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27 Agustus 20178.
Junarti. (2023). Pengembangan Urutan Jalur Berpikir pada Proses Pemecahan Permasalahan Limit Fungsi di SMA. IKIP PGRI Bojonegoro4.
Rahmawati, D., & Purwanto, E. (2019). Pengembangan Instrumen Tes
Hasil Belajar IPA Berbasis HOTS di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 234-242. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/26073
Sari, D. P., & Suryabrata, S. (2018). Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45-54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpm/article/view/23967
Siti Ermawati. (2022). Implementasi Blended Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik. IKIP PGRI Bojonegoro4.
Sukardi. (2015). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 6(2), 123-134.
Widoyoko, E. P. (2012). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(2), 233–245. https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpn/article/view/177
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.