Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa
Abstract
Abstract
This study aims aims to analyse the impact of kahoot learning media implementation on student’s academic achievement in economic subject in class X SMA Negeri 1 Parengan Tuban, focusing on the topic of demand and supply of goods. This study was counducted using a quantitative aprproach, where kahoot serves as the independent variable, while learning outcomes are defined as the dependent variabble. The data collection process was conducted through administering test to 34 students of class X-3. The collected data where then analysed through paired sample t-test by utilizing SPSS software version 26.0. The result of data processing showed that the t-count value of 28.889 exceeds the t-table value of 2.035, with a significance value of 0,000 wich showed a result smaller than 0,05. This finding indicates that there is a statistically significant effect of using kahoot media on improving student learning outcomes. Thus, kahoot media is proven to be effective in improving students understanding of economic material, as well as being an alternative interactive and innovative learning strategy to optimise the learning process in the classroom.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan media pembelajaran kahoot terhadap pencapaian akademik peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Parengan Tuban, dengan fokus pada topik permintaan dan penawaran barang. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kuantitatif, di mana kahoot berfungsi sebagai variabel independen, sementara hasil belajar ditetapkan sebagai variabel dependen. Proses pengambilan data dilakukan melalui pemberian tes kepada 34 siswa kelas X-3. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui uji paired sample t-test dengan memanfaatkan software SPSS versi 26.0. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 28,889 melampaui nilai t-tabel sebesar 2,035, dengan nilai signifikansi 0,000 yang menunjukkan hasil lebih kecil dari 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara statistik dari penggunaan media kahoot terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian, media kahoot terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ekonomi, sekaligus menjadi alternatif strategi pembelajaran yang interaktif dan inovatif untuk mengoptimalkan proses pembelajaran di kelas
Keywords
Full Text:
XMLReferences
Astuti, R. P. F., & Destiasa, E. I. (2022). Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning sebagai Upaya Meningkatan Proses Pembelajaran. Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri).
Dakhi, A. S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Education and Development, 8(2), 468.
Fradani, A. C. (2024). Eksperimentasi Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 10812–10821. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11792
Naibaho, D. E., Sipayung, R., Universitas Katolik Santo Thomas Medan, Tanjung, D. S., & Universitas Katolik Santo Thomas Medan. (2020).
HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 24 TANJUNG BUNGA. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 10(4), 342–351. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i4.20860
Puspitasari, R., Suparman, S., & Fahrunnisa, F. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Game Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6), 8211–8220. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4382
Saputro, F. C., Mansur, H., & Utama, A. H. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kahoot dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1300–1309. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1764
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Wati, N. M. S., & Dewi, N. W. D. P. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME KAHOOT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Widyadari, 25(2), 303–314. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i2.4132
Yanuanti, A. D., & Fajrie, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Numberred Heads Together terhadap Hasil Belajar Materi Peredaran Darah Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i1.320
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.