Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ekonomi Siswa MA Sunan Ampel Kab. Bojonegoro

Dika Fadhil Rosyidi, Nur Rohman, Budi Irawanto

Abstract


Abstract

The objective of this research is to examine the elements affecting the academic performance of grade twelve students in the Economics course at Madrasah Aliyah Sunan Ampel Tanjungharjo. A qualitative descriptive methodology was employed, utilizing data collection methods such as interviews, observations, and document analysis. The findings reveal a variation in student motivation, with 60% displaying strong eagerness to learn, while the other 40% show limited concentration and a diminished interest in the subject matter. The low motivation is linked to the lack of family support and teaching methods that still rely heavily on lectures without incorporating interactive strategies. Additionally, the limited availability of learning resources, such as the absence of textbooks, poses challenges in the learning process. External factors, including school environment and parental involvement in education, have been proven to influence students' academic achievement. The research findings indicate that enhancing teaching methods, optimizing additional learning resources, and increasing family involvement in education can contribute to improving students' learning outcomes

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji berbagai faktor yang berperan dalam memengaruhi capaian belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Tanjungharjo. Pendekatan penelitian yang diterapkan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Hasil temuan menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa beragam, di mana sebanyak 60% siswa memperlihatkan antusiasme belajar yang tinggi, sedangkan 40% lainnya tampak kurang konsentrasi dan memiliki tingkat ketertarikan belajar yang rendah.Rendahnya motivasi belajar ini berkaitan dengan minimnya dukungan keluarga serta metode pembelajaran yang masih didominasi oleh ceramah tanpa variasi strategi interaktif. Selain itu, keterbatasan sumber belajar seperti tidak tersedianya buku paket juga menjadi hambatan dalam pembelajaran. Faktor eksternal seperti lingkungan sekolah dan keterlibatan orang tua dalam pendidikan terbukti memiliki pengaruh terhadap pencapaian akademik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan metode pembelajaran, optimalisasi sumber literatur tambahan, serta peningkatan peran keluarga dalam pendidikan dapat berkontribusi pada peningkatan hasil belajar siswa.


Keywords


Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Dukungan Keluarga, Metode Pembelajaran, Literasi Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Anam, S., Rohman, N., & Hidayat, T. (2024). Upaya peningkatan hasil belajar melalui tugas pekerjaan rumah (PR) pada mata pelajaran ekonomi kelas XI 5 SMAN 1 Balen. Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri). IKIP PGRI BOJONEGORO.

Angraini, W. D. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(8) DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i8.16253

Cahyaningsih, A. P., Fajari, L. E. W., Aini, S., Fajrudin, L., Sa'diyah, H., Havita, V. N., ... & Hidayat, D. L. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Pembelajaran Calistung Di Sekolah Dasar Kelas Tinggi: Kualitatif Studi Kasus. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2). DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v12i2.86570

Fauzah, A, Suriansyah, A, Harsono, AMB, (2024). Peran Keluarga Terhadap Perilaku dan Prestasi Siswa,E-ISSN: 3026 …, jurnal.kopusindo.com, https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/511

Hariyanti, S., Irawanto, B., & Astuti, R. P. F. (2024). Dampak motivasi dan dukungan orang tua terhadap minat siswa kelas XII SMA Negeri 1 Parengan Kabupaten Tuban untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri). IKIP PGRI BOJONEGORO.

Khotimah, H. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Belajar Matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 116-123.

DOI: https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.56

LATIFAH, E. D. (2019). Analisis Pemanfaatan Internet Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Margono. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Meity H. Idris. Strategi Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media, 2015.

NUR OKTAVIANI, O. K. T. A. V. I. A. N. I. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika (studi komparatif pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Palopo) (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.