Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Sisiwa Kelas X SMA Negeri 1 Kedungadem
Abstract
Abstract
This study aims to determine the effect of parental attention and peer support on the learning interest of 10th-grade students at SMA Negeri 1 Kedungadem. The approach used in this research is a quantitative method. Involving 74 students as respondents selected through purposive sampling techniques. Data collection was conducted using questionnaires and observations. This research analyzes data with multiple linear regression. The analysis results show that: (1) Parental attention has a positive influence on students' learning interest, with a t-count result for parental attention of 2.581, while the t-table value is 1.666. (2) Support from peers also positively affects students' learning interest, with a t-count result for peer support of 3.487, while the t-table value is 1.666. (3) Simultaneously, parental attention and peer support have a significant influence on students' learning interests, indicated by a calculated value of 14.837, while the table value is 2,38.
Abstrak
Kajian akademis berikut memiliki sasaran mengidentifikasi dampak perhatian orang tua dan dukungan teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungadem. Strategi yang diterapkan pada kajian tersebut ialah sistem numerik (kuantitatif). Dengan melibatkan 74 siswa sebagai responden yang diseleksi berdasarkan prosedur pengambilan sampel bertujuan. Mekanisme perolehan informasi memanfaatkan angket beserta pemantauan lapangan. Studi tersebut menelaah material statistik via analisis regresi linier multipel. Temuan evaluasi mengindikasikan bahwasanya: (1) Perhatian orang tua memberikan pengaruh pada minat belajar sisiwa, didapatkan besaran dari thitung dukungan teman sebaya senilai 2,581, sementara angka t-tabel mencapai 1,666. (2) Dukungan dari teman sebaya juga memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar sisiwa, diperoleh hasil dari thitung dukungan teman sebaya yaitu 3.487, sedangkan nilai ttabel sebesar 1,666. (3) Dengan bersamaan, perhatian orang tua serta dukungan teman sebaya memberikan pengaruh terhadap minat belajar pelajar dibuktikan melalui kuantitas f-hitung mencapai 14.837, sedangkan ftabel sebesar 2,38
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ambarukmi, R. N., & Wijayanti, D. (2019, April). Kajian Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).
Ayis Crusma Fradani. (2016). Pengaruh Dukungan Keluarga, Kecerdasan Adversistas dan Efikasi Diri Pada Intensi Berwirausaha Siswa SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Edutama. 3 (1), 49.
Gusnarib Wahab dan Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. E - book Penerbit Adab : Indramayu . http://www.PenerbitAdab.id
Fifi Aris Wulandari. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Di Kecamatan Mlati. (Tesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga).
Dwi Nur Rahma Mardiyani, R. and Widyasari , C. (2023). Interaksi Teman Sebaya dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4 (2), 416–429.
Fitriani Pramita Gurning, Fauziah Nasution & Eliska. (2019). Pendampingan Teman Sebaya dan Peran Orang Tua. E-book Ikatan Penerbit Indonesia.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). di akses pada 3 Desember 2024. https://kbbi.web.id/didik
Lukita, Sania. (2021). Pengaruh Teman Sebaya terhadap Minat Belajar PAI Siswa SMA di Kelurahan Wek Iii Kota Padang. (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri). 2(1), 10-20
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558.
Muhamad Cholivatur Rohman Asidiki. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMPN 2 Kecamatan Seputih Surabaya Lampung Tengah. (Skripsi Sarjana, Universitas Institut Agama Islam Negri Metro).
Noeruddin, A. Maghfiroh, F., Mujahidin, A. (2023), Analisis Kemampuan Pemecah Masalah Matematis Siswa Pada Materi Tabung Ditinjau Dari Disposisi Matematis. Jurnal Pendidikan Edutama Vol. 10 (1).
Nur Rohman, Istiningsih, dan Ahmad Tarmizi Hasibuan. (2022). Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi PGMI Melalui Program Pengayaan Keterampilan Mengajar. Jurnal Pendidikan Edumaspul, 6 (1), 790-798.
Novianti, D. E. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pemecah Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama Vol. 10. http://ejurnal.ikippgriBojonegoro.ac.id/index.php/JPE.
Negara, N. K. R., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Pengaruh Pola Asuh Autoritatif Orang Tua Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 47–53.
Pratiwi, Komari, Noor. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indoonesia.
Pratiwi, R. S., & Muhsin, M. (2018). Pengaruh Tata Tertib Sekolah, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, dan Minat Belajar terhadap Disiplin Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 638-653.
Pristiwanti, D. Badariah, B., Hidayat, S, & Dewi, R. S. (2022) Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). 4(6).7911- 7915.
Ratna Yuningsih. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Matematika Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bengkulu. (Skripsi, Universitas Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Septisara Jenira. (2019). Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Komitmen Menyelesaikan Studi Pada Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal Pendidikan. 7(2), 274-283.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sulfemi, W. B., & Yasita, O. (2020). Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying. Jurnal Pendidikan, 21(2), 133–147.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Toharudin, Moh. (2021). Buku Ajar Manajemen Kelas. Klaten: Lakeisha.
Utomo, P., & Pahlevi, R. (2022). Peran Teman Sebaya sebagai Moderator Pembentukan Karakter Anak: Systematic Literature Review. Journal of Educational Psychology, 1(1), 659.
Yuliana Imelda Densius, Maria Fransiska Ughu Buu & Albertus Karlos Sola. (2024). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter Seorang Anak. Jurmal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan, 3 (2), 383 - 384.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.