Pengaruh Gaya Hidup dan Promosi Digital terhadap Perilaku Konsumsi Online pada Generasi Z

Nazilatul Mufida, Taufiq Hidayat, S.Pd.,M.Pd., Ali Noeruddin

Abstract


Abstract

This study aims to analyze the influence of Lifestyle and Digital Promotion on Online Consumption Behavior in Generation Z, especially Economic Education Students of IKIP PGRI Bojonegoro. The method used in this research is a quantitative approach with a survey method, using a questionnaire as a data collection instrument. The sample in this study amounted to 67 respondents and was analyzed using multiple linear regression to determine the simultaneous and partial effects of the independent variable on the dependent variable. The results showed that both Lifestyle and Digital Promotion had a significant effect on Online Consumption Behavior. The modern lifestyle inherent in Generation Z as well as the intense exposure to Digital Promotions through social media, discounts, and endorsements significantly influence their online purchase intensity. The findings suggest that the higher the level of Digital Lifestyle and the more effective the Digital Promotion received, the greater the tendency of Generation Z to consume online. The findings confirm that digitalization and Generation Z's lifestyle play an important role in shaping modern consumption patterns. The implications of this study indicate the importance of understanding the characteristics of Lifestyle and Digital Promotion strategies in designing effective marketing campaigns.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Gaya Hidup dan Promosi Digital terhadap Perilaku Konsumsi Online pada Generasi Z, khususnya Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei, menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 responden dan  dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh simultan maupun parsial dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Gaya Hidup maupun Promosi Digital berpengaruh secara signifikan terhadap Perilaku Konsumsi Online. Gaya hidup modern yang melekat pada Generasi Z serta paparan Promosi Digital yang intens melalui media sosial, diskon, dan endorsement secara signifikan memengaruhi intensitas pembelian daring mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat Gaya Hidup Digital dan semakin  efektif Promosi Digital yang diterima, maka semakin besar kecenderungan Generasi Z untuk melakukan konsumsi secara online. Temuan ini menegaskan bahwa digitalisasi dan gaya hidup Generasi Z memainkan peran penting dalam membentuk pola konsumsi modern. Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan pentingnya pemahaman karakterisik Gaya Hidup dan strategi Promosi Digital dalam merancang kampanye pemasaran yang efektif.


Keywords


Gaya Hidup, Promosi Digital, Perilaku Konsumsi Online, Generasi Z

Full Text:

PDF

References


Hasanah, N., Anggraini, T., & Harahap, R. D. (2002). Pengaruh Gaya Hidup, Media Sosial dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Konsumsi di Masa Pandemi Menurut Ekonomi Islam: MES Management Journal, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.56709/mesman.v2i1.36

Hidayat, I., & Sari, R. S. (2002). Digital Marketing Usaha Kecil dan Menengah Melalui Media Sosial. Jurnal Pemberdayaan Umat, 1(1), 29-37.

Masruroh, S., Wahyono, D., Muhaimin, M., Katjina, H., & Judijanto, L. (2023). Pengaruh digital marketing, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(6), 2464–2471. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i6.1728

Minarti, M. S., & Nainggolan, N. P. (2020). Pengaruh gaya hidup, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada toko online Shopee. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 210–217.

Moehadi, M., Astuti, H., Alfiyana, S., & Kartika, K. D. (2024). Peran e-commerce dan gaya hidup dalam menentukan perilaku konsumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 15(1), 18–23. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v15i1.3953

Mujahidin, A. ., Zuhriah, F. ., & Khoirianingrum, I. . (2018). Pengaruh Citra Perguruan Tinggi dan Kompetensi Dosen terhadap Loyalitas Mahasiswa melalui Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta (Studi pada IKIP PGRI Bojonegoro). Al Tijarah, 4(2), 49. https://doi.org/10.21111/tijarah.v4i2.2828

Nugroho, A., & Astuti, S. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Promosi Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Komunikasi dan Pemasaran, 3(2).

Permana, D. E., Cahyani, D. S., Wijayanti, F., & Syamsurizal, S. (2024). Analisis kepuasan generasi Z terhadap layanan e-commerce. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Akuntansi, dan Pajak, 1(2), 337–355. https://doi.org/10.61132/jieap.v1i2.312

Solikhah, S.A., Fradani, A. C., & Indriani, A. (2023). Pengaruh digital marketing, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Toko Shaga Collection. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science, 1(3), 122–134. https://doi.org/10.58812/jekws.v1i03.473

Syafril, & Hidayat, T. (2023). Pelatihan kewirausahaan bidang pemasaran digital. Jurnal Abdimas Sosek: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Sosial Ekonomi, 3(2), 19–24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.