Penerapan Model Belajar Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMAN 1 Padangan

Rico Aditya Ramadani, Nur Rohman, Ali Mujahidin

Abstract


Abstract

In class X Economics of SMAN 1 Padangan, this research examines the impact of the implementation of Problem Based Learning (PBL) on student learning outcomes. Students are invited to actively solve problems related to the subject matter through PBL, an approach that emphasizes the role of students. The background of this research is the need for a new method that fosters advanced thinking skills, such as analytical, creative, and critical. The research used a quasi-experimental design with Nonequivalent Control Group Design, involving 36 students from two classes - one experimental group using PBL, one control group using conventional methods. Data were collected through multiple-choice tests that had passed validity and reliability tests. The analysis showed that the implementation of PBL significantly increased learning outcomes, as evidenced by the significance of the t-test of 0.000, far below the threshold of 0.05. Students who studied with PBL achieved higher results than the control group. In addition, PBL also hones critical and creative thinking skills, because students are trained to examine, weigh, and analyze real economic problems. This increases self-confidence and interest in learning, as well as deepens understanding of concepts. The PBL model is worthy of being an alternative for economic learning, so teachers are advised to adopt this approach more often to improve the quality of education and equip students to face future challenges.

Abstrak

Pada kelas X Ekonomi SMAN 1 Padangan, riset ini menelaah dampak penerapan Problem Based Learning (PBL) terhadap capaian belajar siswa. Siswa diajak aktif menuntaskan persoalan terkait materi pelajaran melalui PBL, sebuah pendekatan yang menitikberatkan pada peran peserta didik. Latar belakang riset ini ialah perlunya metode baru yang menumbuhkan kemampuan berpikir tingkat lanjut, seperti analitis, kreatif, serta kritis.Riset memakai rancangan kuasi-eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design, melibatkan 36 siswa dari dua kelas-satu kelompok eksperimen menggunakan PBL, satu kelompok kontrol memakai metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas.Analisis memperlihatkan penerapan PBL secara nyata mengatrol hasil belajar, terbukti dari signifikansi uji t sebesar 0,000, jauh di bawah ambang 0,05. Siswa yang belajar dengan PBL memperoleh hasil lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Selain itu, PBL turut mengasah daya pikir kritis dan kreatif, sebab siswa dilatih menelaah, menimbang, serta mengurai masalah ekonomi nyata. Hal ini menambah keyakinan diri serta minat belajar, sekaligus memperdalam pemahaman konsep. Model PBL layak dijadikan alternatif pembelajaran ekonomi, sehingga guru disarankan lebih sering mengadopsi pendekatan ini guna meningkatkan mutu pendidikan dan membekali siswa menghadapi tantangan masa depan.


Keywords


Problem Based Learning, Hasil Belajar, Ekonomi, SMA

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I., & Setiadi, Y. (2023). Teaching At the Right Level Model Problem Based Learning. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 1178–1191.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52.

https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Djonomiarjo Guru SMK Negeri, T., & Kab Pohuwato, P. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Aksar, 05, 39–46.

Fajrin, G. I. M., & Rafsanjani, M. A. (2020). Penerapan Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 95–100. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p95-100

Herin, A. M. H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Inovatif Dan Kreatif Serta Memotivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Di Kelas Xii Sos 1 Sma Negeri 1 Larantuka Tahun Ajaran 2020/2021. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(10).

Rohman, N. (2016). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Peta Pikiran Dengan Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Program Linear. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 50-55.

Sakti, N. C., & Luthfiyah, A. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Metode Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 694–698. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.1935.

Widodo, S. (2017). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Melalui Isu-Isu Sosial Ekonomi Pasca Penggenangan Waduk Jatigede Dalam Pembelajaran Ips Di Smpn 2 Wado Kabupaten Sumedang Kelas Viii C. International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(2), 275. https://doi.org/10.17509/ijposs.v1i2.4712.

Yuniarti, T., & Hadi, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Analisis Pokok Bahasan Masalah Ekonomi Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Siswa Sma Negeri 1 Bandongan Kabupaten Magelang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, X(1), 76–87.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.