Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X
Abstract
Abstract
This study was performed at SMA Negeri 1 Bangilan, aiming to assess the impact of the discovery learning paradigm on students' economic learning results. This study use quasi-experimental methods. The design used utilizes a non-equivalent control group design. The study's population included 193 grade X pupils. The method used was cluster random sampling. The samples used in this investigation included the control group X-E3, consisting of 32 students, and the experimental group X-E6, including 28 students. The measure was administered with multiple-choice pretests and posttests. The findings of this research indicate a t-test significant value of 0.006, which is less than the t-table threshold of 0.05. The result of this research indicates a considerable disparity between the experimental and control groups, demonstrating that the discovery learning model is sufficiently successful in enhancing student learning outcomes in economics.
Abstrak
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bangilan, yang bertujuan untuk menilai dampak model pembelajaran discovery lerning terdap hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain yang digunakan memanfaatkan desain kelompok kontrol non-equivalen. Populasi penelitian ini mencakup 193 siswa kelas X. Metode yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penyelidikan ini meliputi kelompok kontrol X-E3, yang terdiri dari 32 siswa, dan kelompok eksperimen X-E6, termasuk 28 siswa. Pengukuran dilakukan dengan pretest dan posttest pilihan ganda. Temuan penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi uji-t sebesar 0,006, yang kurang dari ambang batas t-tabel sebesar 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pemgaruh yang cukup besar antara kelompok eksperimen dan kontrol, yang menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning cukup berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam ekonomi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusriyalni, Z., Idrus, I., & Yennita, Y. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Sistem Koordinasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.31-39
Handayani, H. (2019). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GLOBALISASI MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SDN 4 TAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4 nomor 2(1), 1–14. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/1094/1041
Nur Aini, Nur Rohman, T. H. (2024). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Pembelajaran Ekonomi Kurikulum Merdeka Kelas x MA Negeri 2 Bojonegoro. 2, 1–9.
Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62
Sugihartono, D. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:UNY Press.
Sukmanasa, E., & Damayanti, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tema Kegemaranku Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 16–20. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.989
Widyawati, W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Sakra Timur. CIRCULAR: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 1(1), 48–60. https://doi.org/10.70115/s059cb09
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.