Pengaruh Model Pembelajaran CTL terhadap Prestasi Belajar Kelas XI MAN 2 Bojonegoro
Abstract
Abstract
This research aims to examine how students' academic performance in economics at MAN 2 Bojonegoro is influenced by the Contextual Teaching and Learning (CTL) model supported by animated videos. In economics lessons, the cognitive achievement level of students remains below the Minimum Completion Criteria (KKM), which is set at 75%. Daily test results indicate that 60% of students have met the KKM, while 40% have not. The method used in this study is a quantitative approach. The independent variable in this research is the CTL model aided by animated videos, while the dependent variable is students' learning outcomes. Data analysis was conducted using a paired sample t-test with SPSS version 26 software. The statistical test results show a significance value of 0.000 < 0.05, indicating that the CTL learning model supported by animated videos enhances students' understanding.
Abstrak
Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa di mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Bojonegoro dipengaruhi oleh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang didukung oleh video animasi. Dalam pembelajaran ekonomi, Tingkat pencapaian kognitif siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal, yaitu nilai 75% untuk mata pelajaran tersebut. Hasil ulangan harian menunjukkan 60% siswa telah memenuhi KKM, sedangkan 40% belum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model CTL berbantuan video animasi, sementara variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Pengolahan data dilakukan dengan uji paired sample t-test menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05, Ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CTL yang dibantu video animasi meningkatkan pemahaman siswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alifia Rachmawati1, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. URNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022, 6, 7637-7643.
Wahyudah, W. A., Fradani, A. C., & Stevani, F. (2024, July). Strategi Guru Meningkatkan Kompetensi 4C Mata Pelajaran Ekonomi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Kedungadem. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol.2,No.2,pp.19-26).
Amiril Ikma Namuza 1), R. 2. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Museum Virtual Terhadap Minat Belajar IPS Siswa SMPN 5 Bojonegoro. Volume 3 No. 1, Tahun 2023, 3, 36-44.
Gilang Mas Ramadhan, M. (2024). Penerapan model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) berbantuan e-module untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di sekolah dasar. Journal of Elementary Education Volume 07 Number 01, January 2024, 7, 51-58.
Imelda Nur Aryanti1*, R. (2022). Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Sikap Kemandirian Siswa. Jurnal Edutech Undiksha Volume 10, Number 2, Tahun 2022, 10, 302-310.
Rahmawati Syahfitri¹, T. I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning(CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022, 4, 1079-1088.
Rifka Br Napitupulu1, G. J. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi Belajar PAK dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sibolga Tahun Pembelajaran 2023/2024. Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen dan Katolik Vol.2, No. 2 Mei 2024, 2, 81-97.
Wulan Oktaviana Ashari1*, A. I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Interaktif “Nearpod” Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol: 1, No 4, 2024, 1, 1-11.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.