Implementasi Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di SMP Islam Terpadu Ngasem

Ahmad Lazim, Fruri Stevani, Sujiran Sujiran

Abstract


Abstract

This study examines the implementation of the discovery learning model to improve student academic achievement at Ngasem Integrated Islamic Junior High School. The research background stems from the problem of low student achievement caused by conventional learning methods that tend to be monotonous and insufficiently stimulate cognitive activity. The research aims to analyze the implementation of the discovery learning model in improving learning achievement, identify supporting and inhibiting factors, and formulate optimization strategies. The research method uses a qualitative approach with Classroom Action Research (CAR) design implemented in two cycles with 36 eighth-grade students focusing on Informatics subjects specifically on the Computer Networks. The results showed a significant improvement in class average scores from 61.8 (pretest) to 71.3 in cycle I and 82.1 in cycle II, with an increase in learning mastery percentage from 25% to 86.10% in cycle II. This model proved effective in developing students' higher-order thinking skills, particularly in analysis and evaluation aspects. The study concludes that the discovery learning model can be effectively implemented in integrated Islamic school contexts to improve learning achievement and develop students' higher-order thinking skills, with recommendations for teacher professional development and integration of Islamic values in learning.

 

Abstrak

Penelitian ini mengkaji implementasi model discovery learning dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Islam Terpadu Ngasem. Latar belakang penelitian berangkat dari permasalahan rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang cenderung monoton dan kurang merangsang aktivitas kognitif. Tujuan penelitian adalah menganalisis implementasi model discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta merumuskan strategi optimalisasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada 36 siswa kelas IX dengan fokus mata pelajaran Informatika materi Meningkatkan Keamanan Informasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata kelas dari 61,8 (pretest) menjadi 71,3 pada siklus I dan 82,1 pada siklus II, serta peningkatan persentase ketuntasan belajar dari 25% menjadi 86,10% pada siklus II. Model ini terbukti efektif mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, terutama pada aspek menganalisis dan mengevaluasi. Penelitian menyimpulkan bahwa model discovery learning dapat diimplementasikan secara efektif dalam konteks sekolah Islam terpadu untuk meningkatkan prestasi belajar dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, dengan rekomendasi pengembangan profesional guru dan integrasi nilai keislaman dalam pembelajaran.


Keywords


Discovery Learning, Prestasi Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah Islam Terpadu, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Full Text:

PDF

References


Adi, M. I. F., & Rohmah, N. W. (2024). OPTIMALISASI PARTISIPASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS DISKUSI : Studi Kasus di SMP Bilingual Terpadu Junwangi Krian Sidoarjo. 14, 132–148.

Agusta, A. R., Wahyunita, W., Juhari, A. A., & Armella, R. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Melalui Model Discovery Learning. kSIPPG: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 49–50.

Al Muftiyah, A. M., Handayani, S., Aflaha, D. S. I., Saputra, A., & Solihah, F. (2024). The Use of the Discovery Learning Model in Improving the Quality of Learning of Islamic Elementary School Students. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 162–170. https://doi.org/10.32806/jkpi.v5i1.128

Anisa, N. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SDN 1 Kebonadem Kabupaten Kendal. Jurnal Paedagogy, 9(1), 2022.

Asriningsih, N. W. N., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 251. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202

Aswan, Rahmawati, & Ristiana, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Materi Ekosistem. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1049–1058.

Dehong, R., Kaleka, M. B. U., & Rahmawati, A. S. (2020). Analisis Langkah-Langkah Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Fisika. EduFisika, 5(02), 131–139. https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i02.10533

Filham, F. A., Fradani, A. C., & Stevani, F. (n.d.). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN BAAMBOOZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 PARENGAN.

Fitriana Muhamad, Melkyananus Bili Umbu Kaleka, & Daniel Wolo. (2023). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMPSK Kotagoa Boawae. Science Education and Development Journal Archives, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.59923/sendja.v1i1.5

Hakim, L., Fitri, R., Ernayenti, & Nasution, T. (2023). Penerapan Strategi Discovery Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X IPS di MAN Lakitan. Journal on Education, 5(4), 11603–11614.

Kawuri, M. Y. R. T., & Fayanto, S. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Piyungan Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 1. https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i1.9919

Kurniawati, E., Oktradiksa, A., Sholkihah, N. D., Lund, A., Brevik, L. M., Bj, G., & Agency, T. (2021). DISCOVERY LEARNING MODEL FOR IMPROVING THE STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS: A NARRATIVE REVIEW. 13(2).

Mardiana, N. L. (2021). Optimalisasi Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Materi Gerak Melingkar. Journal of Education Action Research, 5(2), 200–207. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33315

Musyarofah, M. (2025). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA. 14(1), 157–165.

Nababan, D., Bakara, A., & Sihite, C. E. H. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 769.

Naibaho, M. R. U., & Hoesein, E. R. (2021). Meta Analisis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 19. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2290

Nashir, F. A., Tarakan, U. B., Amal, J., No, L., Amal, P., & Tarakan, K. (2024). Integration of Islamic Values in Character Education in the Digital Age: Approaches and Implications. 1(2), 96–107.

Prilliza, M. D., Lestari, N., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 130–134.

https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1544

Risnawati, R. A., & Atmojo, I. R. W. (2023). Implementasi Model Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Kelas V Materi Manusia dan Lingkungan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(1), 140. https://doi.org/10.30998/sap.v8i1.17313

Sani, M. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS BERBASIS FRISCO PESERTA DIDIK DI SDN 5 TOLITOLI. 5(4), 1–23.

Sasingan, M., & Wote, A. Y. V. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 42–47.

https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40604

Suwiti, N. K. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 89–96. https://doi.org/10.5281/zenodo.6204383

Yajamila, M. T. (2025). Implementation of Discovery Learning Model to Improve Learning Achievement in Fiqh Learning at MTs Terpadu Yajamila Dasan Tapen. 2(March).

Yusnan, M. (2023). Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Nonfiksi Tema Pahlawanku Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1), 59–65. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i1.1345


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.