Analisis Kualitas Produk dan Diskon terhadap Keputusan Pembelian melalui TikTok Live pada Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro
Abstract
Abstract
This study aims to determine whether there is an influence between product quality and discounts on purchasing decisions through TikTok Live, or vice versa, there is no influence. This study applies a quantitative approach. Sample selection was carried out using a non-probability sampling technique, namely the purposive sampling method, with a total of 68 respondents. Data collection was carried out by distributing questionnaires to respondents, namely students of economics education at IKIP PGRI Bojonegoro. Data processing was carried out using multiple linear regression, and hypothesis testing through the T Test and F Test. Based on the results of partial hypothesis testing, the product quality variable has a significance value of 0.162 which is greater than 0.05 so that it does not affect purchasing decisions through TikTok Live, so it cannot be stated that it has a significant influence, and discounts on purchasing decisions through TikTok Live have an influence of 26.8%. From this statement, it can be concluded that the product quality variable does not have a significant effect on purchasing decisions through TikTok Live while Discounts have a significant effect on purchasing decisions through TikTok Live. Based on the results of multiple regression analysis, it can be concluded that the product quality variable (X1) does not have a positive influence on purchasing decisions via TikTok Live, and Discount (X2) has a positive influence on purchasing decisions via TikTok Live.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas produk dan diskon terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Live, atau sebaliknya, tidak terdapat pengaruh. Dalam Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling, yaitu metode purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 68 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap responden, yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis melalui Uji T dan Uji F. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara persial variabel kualitas produk memiliki nilai signifikansi sebesar 0,162 yang lebih besar dari 0,05 sehingga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Live, maka tidak dapat dinyatakan memiliki pengaruh secara signifikan, dan diskon terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Live memiliki pengaruh sebesar 26,8%. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Live sedangkan Diskon berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Live. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk (X1) tidak memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Live, dan Diskon (X2) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Live.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
ALGIFARI, A. & R. M. (2021). PENGARUH DISKON, KUALITAS WEBSITE, PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP SHOPEE: STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
AMELISA LISA. (2016). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GULA TEBU.
ASTUTI, F. P. (2022). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA, 8(2), 439–448. HTTPS://DOI.ORG/10.53565/PSSA.V8I2.546
DAMANIK, E. O. P., KEMALA, Z., SIPAYUNG, T., EKONOMI, F., & SIMALUNGUN, U. (2023). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK PADA LIVE STREAMING APLIKASI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA EKONOMI UNIVERSITAS SIMALUNGUN. IN MANAJEMEN : JURNAL EKONOMI USI (VOL. 5, ISSUE 2).
MUJAHIDIN, A., & ERNA NOVIANTI, D. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI AZKIA SCARF BOJONEGORO.
MUNTAMAH, EKONOMI, F., TINGGI, S., EKONOMI, I., & BOJONEGORO, C. (2024). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SHOPEE LIVE PADA MAHASISWA MANAJEMEN STIE CENDEKIA BOJONEGORO.
RAHMA YUNI. (2023). JURNAL MIRAI MANAGEMENT PENGARUH DISCOUNT, KUALITAS PRODUK, GRATIS ONGKIR DAN LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA TIKTOK SHOP. JURNAL MANAGEMENT, 8(3).
SITANGGANG, A. S. DKK, SOLEHIN, F., RAFI, R. D., & WIRASOEMANTRI, H. (2024). INOVASI EKONOMI DAN BISNIS PENGARUH DISKON PADA LIVE STREAMING TIKTOK SHOP TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. HTTPS://JOURNALPEDIA.COM/1/INDEX.PHP/IEB
SOLIKHAH, S. A., CRUSMA FRADANI, A., & INDRIANI, A. (2023). PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN TOKO SHAGA COLLECTION. IN JURNAL EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN WEST SCIENCE (VOL. 1, ISSUE 03).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.