Pengaruh Model LSQ Berbantuan Gimkit terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Parengan

Rizki Amaliya, Ayis Crusma Fradani, Ahmad Kholiqul Amin

Abstract


Abstract

This study used a quantitative approach to examine the effect of Learning Start With A Question (LSQ) learning model with the help of “Gimkit” web media on the learning outcomes of grade X students at SMAN 1 Parengan. The study population was all grade X students, with a sample of 35 students of grade X-4 selected through probability cluster sampling. Data collection instruments were pre-test and post-test questions. Data analysis included normality test and hypothesis test (t-test). The normality test results showed the distribution of pre-test (0.212) and post-test (0.069) data was normal (p> 0.05). The t-test showed a significance value of 0.000 (<0.05), which confirmed that the implementation of the Learning Start With A Question (LSQ) learning model assisted by “Gimkit” effectively improved student learning outcomes.

 

Abstrak

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji pengaruh model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan bantuan media web "Gimkit" terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Parengan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X, dengan sampel sebanyak 35 siswa kelas X-4 yang dipilih melalui probability cluster sampling. Instrumen pengumpulan data berupa soal pre-test dan post-test. Analisis data meliputi uji normalitas dan uji hipotesis (uji-t). Hasil uji normalitas menunjukkan distribusi data pre-test (0,212) dan post-test (0,069) adalah normal (p > 0,05). Uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang mengkonfirmasi bahwa implementasi model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) berbantuan "Gimkit" secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa


Keywords


Kata Kunci: model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ), Hasil Belajar , Gimkit

Full Text:

PDF

References


Aisah, N., Husin, M., & History, A. (2024). Cendikia PENGARUH MODEL LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) BERBANTU MEDIA GAME TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI DAERAHKU DAN KEKAYAAN ALAMNYA DI KELAS IV SD NEGERI 1 RIMO. 2(6), 1–16.

Amelia, N. (2024). PENGGUNAAN GIMKIT SEBAGAI ALAT EVALUASI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SPF SDN PARANG TAMBUNG 1 MAKASSAR Nurtisa. Αγαη, 15(1), 37–48.

Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.

Astuti, R. P. F., & Destiasa, E. I. (2022). Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning sebagai Upaya Meningkatan Proses Pembelajaran. Prosiding, hlm. 190.

Aswawi, N. (2023). Fungsi Uang Dalam Perspektif Ekonomi Islam. PARADIGM : Journal Of Multidisciplinary Research and Innovation, 1(02), 99–108. https://doi.org/10.62668/paradigm.v1i02.762

Fradani, A. C., & Astuti, R. P. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Komik Untuk Siswa Di Smk Negeri 1 Bojonegoro. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 111. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n2.p111-120

Izza, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 6(2), 37–42. https://doi.org/10.62426/vkk4a791

Muhajirin, Risnita, & Asrulla. (2024). PENDEKATAN PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA TAHAPAN PENELITIAN. Journal Genta Mulia, 15(1), 82–92.

Mujahidin, Tirtanawati, M. R., Pristian, Rika, A., & Budiyono, S. C. (2024). Penggunaan Web Wordwall Sebagai Bentuk Adaptasi Teknologi Untuk Meningkatkan Literasi Digital Pada Siswa Kelas 4 SDN Ledok Kulon 1 Bojonegoro. JURNAL PADI (Pengabdian MAsyarakat Dosen Indonesia), 7(1), 1–5.

Qomaruddin, Moh. Maghfur, H. F. (2022). Penerapan Metode Learning Start with A Question Strategy Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Nubin Smart Journal, 2 (1)(2), 163–174.

https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/191

Sa`diyah, Z., Rofi`ah, F. Z., & Nurhayati, I. (2024). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Dengan Aplikasi Gimkit Pada Mata Pelajaran Ipas Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 03(01), 66–80.

Septyana, R., Nuzula, S. F., & Gusanti, Y. (2024). Peningkatan Asesmen Formatif Melalui Pemanfaatan Media Gamifikasi Gimkit Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Smpn 24 Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(4), 7. https://doi.org/10.17977/um063.v4.i4.2024.7

Syaibah, S., Anwar, A., & Widyawati, E. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Learning Starts with A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1675–1684. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.348


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.