Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Quizlet terhadap Prestasi Belajar

Nurul Izza Choiriyah, Fruri Stevani, Sujiran Sujiran

Abstract


Abstract

This study's overarching goal is to find out how well students do in Economics classes that use the Problem-Based Learning (PBL) approach, with the help of Quizlet as supplementary materials, while studying fiscal policy.  A total of thirty-four students from grades eleven through twelve at SMA Negeri 1 Kalitidu participated in this quantitative study, which used a one-group pretest-posttest design.  Methods for gathering data included conducting experiments, making notes, and reviewing results.  With a computed t-value of -20.001, which surpasses the critical t-value of 2.034, and a significance level of 0.001, which is less than 0.05, the results showed that students' learning outcomes improved significantly after the PBL model with Quizlet was implemented.  We reject the null hypothesis (Ho) and accept the alternative hypothesis (Ha) based on these findings, which show that the PBL paradigm supported by Quizlet has a positive and substantial influence on students' academic performance.  This paradigm may be seen as a practical and efficient way to teach economics in schools, therefore improving the quality of such instruction. 

Abstrak

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa berprestasi di kelas Ekonomi yang menggunakan pendekatan Problem-Based Learning (PBL), dengan bantuan Quizlet sebagai materi tambahan, saat mempelajari kebijakan fiskal. Sebanyak tiga puluh empat siswa dari kelas sebelas hingga dua belas di SMA Negeri 1 Kalitidu berpartisipasi dalam penelitian kuantitatif ini, yang menggunakan desain pretes-posttes satu kelompok. Metode pengumpulan data meliputi melakukan eksperimen, membuat catatan, dan meninjau hasil. Dengan nilai t terhitung sebesar -20,001, yang melampaui nilai t kritis 2,034, dan tingkat signifikansi 0,001, yang kurang dari 0,05, hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat secara signifikan setelah model PBL dengan Quizlet diterapkan. Kami menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha) berdasarkan temuan ini, yang menunjukkan bahwa paradigma PBL yang didukung oleh Quizlet memiliki pengaruh positif dan substansial terhadap kinerja akademik siswa. Paradigma ini dapat dilihat sebagai cara praktis dan efisien untuk mengajarkan ekonomi di sekolah, sehingga meningkatkan kualitas pengajaran tersebut.


Keywords


Kata Kunci: Problem Based Learning, Quizlet, Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Afnanda, M. (2023). Menelaah kembali teori belajar dan gaya belajar. Journal of Media and Pedagogical Practices, 1(01), 12-22.

Fradani, A. C., Stevani, F., & Kurniawan, A. (2022). Eksperimentasi Model Pembelajaran Self-Direct Learning dengan Media Pembelajaran Berbasis Komik Digital. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 80-87.

DOI: https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).10022

Muhtarom, H., & Kurniasih, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran abad 21 terhadap pembelajaran sejarah Eropa. BIHARI: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 3(2).

Nurbayanni, A., Ratnika, D., Waspada, I., & Dahlan, D. (2023). Pemanfaatan Media Dan Teknologi Di Lingkungan Belajar Abad 21. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 183-189. DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1499

Stevani, F., Saputri, E. D., Fradani, A. C., Asror, A. G., & ESTARI, S. A. (2023). Permainan Ular Tangga Modifikasi sebagai Media Pembelajaran Alternatif untuk Siswa SDN Gondang 3 Bojonegoro. KRIDA CENDEKIA, 2(03).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.