ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR SEGIEMPAT BERDASARKAN PROSEDUR POLYA

Authors

  • Siti Mufidatin IKIP PGRI Bojonegoro

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
mengenai bangun datar segiempat berdasarkan prosedur pemecahan masalah Polya. Metode yang
digunakan adalah kajian pustaka sistematis (Systematic Literature Review) dengan mengumpulkan
dan menganalisis berbagai artikel penelitian yang relevan terkait kesalahan siswa pada tahapan
memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali solusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa paling banyak terjadi pada tahap memahami
masalah dan memeriksa kembali jawaban. Faktor-faktor penyebab kesalahan meliputi kurangnya
pemahaman soal, kesalahan dalam menetapkan strategi penyelesaian, serta kurang teliti dalam
perhitungan dan verifikasi jawaban. Temuan ini menegaskan pentingnya pembelajaran matematika
yang terstruktur dan berfokus pada pengembangan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui
langkah-langkah Polya untuk meminimalisasi kesalahan dan meningkatkan hasil belajar.


Kata kunci: kesalahan siswa, soal cerita, bangun datar segiempat, prosedur Polya, pemecahan masalah

Abstract
This study aims to analyze students' errors in solving word problems related to quadrilateral plane
figures based on Polya's problem-solving steps. A systematic literature review (SLR) method was
employed by collecting and analyzing various relevant research articles concerning students' errors
in the stages of understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, and looking back
at the solution The findings indicate that the most frequent errors occurred during the stages of
understanding the problem and reviewing the answer. Contributing factors include insufficient
comprehension of the problem, errors in determining the solution strategy, and lack of precision in
calculations and verifying answers. These results underscore the importance of structured
mathematics instruction focused on developing students' problem-solving abilities through Polya's
steps to minimize errors and enhance learning outcomes.


Keyword: student errors, word problems, quadrilateral plane figures, Polya's procedure, problem solving

Downloads

Published

2025-07-27

Issue

Section

Articles