PENGGUNAAN MEDIA “RING BARU” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG GEOMETRI BANGUN RUANG PADA KELAS VII-F SMPN 1 TUNJUNGAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Bambang Widodo

Abstract


Abstrak

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang bangun ruang. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mengetahui keefektifan media Ring Baru dalam meningkatan hasil belajar siswa tentang geometri bangun ruang.  Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran dengan seting penelitian di SMPN 1 Tunjungan dan subjek penelitian kelas VII-F dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes yang berupa tes uraian dan teknik non-tes yaitu  observasi selama pembelajaran berlangsung yang dilakukan guru bersama kolaborator. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif komparatif untuk menganalisis data atau nilai tes uraian  dengan cara membandingkan hasil tes pada pra-siklus dengan hasil tes pada siklus 1 dan siklus 2. Untuk menganalisis data dari hasil observasi digunakan analisis diskriftif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa media Ring Baru sangat efektif dan tepat digunakan dalam pembelajaran bangun ruang  dengan indikator adanya  peningkatan nilai rata-rata kelas siswa yaitu sebesar 20,61 % yaitu dari 64,84 pada konsidi awal menjadi 78,21 pada siklus 2 atau kondisi akhir dan peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,68% dari 46,87% (15 orang siswa) menjadi 87,5% (28 orang siswa). Simpulan hasil penelitian ini yaitu dengan menggunakan media Ring Baru dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang bangun ruang pada kelas VII-F SMPN 1 Tunjungan Tahun Pelajaran 2024/2025.

Kata kunci: hasil belajar, media Ring Baru

 

 

Abstract

The general objective of this research is to improve students' learning outcomes in the topic of solid figures. The specific objective is to determine the effectiveness of the Ring Baru media in enhancing students' understanding and achievement on solid figures. This classroom action research was conducted in two learning cycles at SMPN 1 Tunjungan with class VII-F as the research subject, consisting of 32 students. Data collection techniques used were tests in the form of essay questions and non-test techniques in the form of observation during the learning process conducted by the teacher and collaborator. The data were analyzed using comparative descriptive analysis to compare the essay test results from the pre-cycle, cycle 1, and cycle 2. Observation data were analyzed using qualitative descriptive analysis. The results of this study indicate that the Ring Baru media is very effective and appropriate to be used in teaching solid figures, as indicated by an increase in the class average score by 20.61%, from 64.84 in the initial condition to 78.21 in cycle 2 or the final condition, and an increase in classical learning mastery by 86.68%, from 46.87% (15 students) to 87.5% (28 students). The conclusion of this study is that the use of Ring Baru media can improve students’ learning outcomes on solid figures in class VII-F of SMPN 1 Tunjungan Academic Year 2024/2025.

Keyword: learning outcomes, Ring Baru media

 


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar , (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto, (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Gava Media

Muntyasari, Apriliani, (2022). Penelitian Tindakan Kelas: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Metode. https://pe.feb.unesa.ac.id

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito

Sudjana. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suharso dan Ana Retnoningsih. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya Karya.

Sutrasno, Andreas. (2020). Guru dan Pengembangan Kariernya . Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Semarang: Balai Bahasa Jawa Tengah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.