SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Ervan Catur Prastiyo, Novi Mayasari, Ari Indriani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis efektivitas penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika di berbagai jenjang pendidikan. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap enam jurnal nasional terindeks SINTA yang diterbitkan antara tahun 2022 hingga 2024, mencakup jenjang SD, SMP, dan SMA. Hasil kajian menunjukkan bahwa model CTL secara konsisten memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar, pemahaman konsep matematis, kemampuan berpikir kreatif, koneksi matematis, serta aspek afektif seperti motivasi, minat, dan kemandirian belajar siswa. penerapan kontekstual mendorong siswa untuk mengaitkan materi matematika dengan pengalaman nyata, menjadikan lebih bermakna dan relevan. Dengan demikian, model CTL direkomendasikan sebagai pendekatan pembelajaran dalam pendidikan dalam pembelajaran matematika.

Kata kunci: model pembelajaran_1, CTL_2, Pembelajaran Matematika_3

 

Abstract

This study aims to systematically examine the effectiveness of the application of Contextual Teaching and Learning (CTL) learning models in learning mathematics at various levels of education. The method used is Systematic Literature Review (SLR) of six SINTA-indexed national journals published between 2022 and 2024, covering elementary, junior high, and high school levels. The results of the study show that the CTL model consistently has a positive impact on improving learning outcomes, understanding of mathematical concepts, creative thinking skills, mathematical connections, as well as affective aspects such as motivation, interest, and student learning independence. contextual application encourages students to link mathematical material with real experiences, making it more meaningful and relevant. Thus, the CTL model is recommended as a learning approach in education in learning mathematics.

Keyword: learning model, CTL, math learning


Full Text:

PDF

References


Maula, N. K. (2020). Analisis Peningkatan Keterampilan Problem-Solving Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan IDEAL Problem-Solving berbasis Game-Based Learning. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 6(2), 148-157.

Ratnasari, S., & Nasrullah, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Siswa Sma Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Pada Materi Peluang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1675-1688.

Febriyanti, N. D., Hartati, S. J., & Setiawan, W. (2023). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Tanwirul Hija pada Materi Trigonometri. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(2), 122-129.

Nainggolan, E. P., Pangaribuan, L. P., & Gultom, S. P. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BILANGAN BULAT. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13(2), 144-151.

Pratama, E. D. R., Sapti, M., & Astuti, E. P. (2024). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Di SMP Muhammadiyah Kaliabu. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 6(1), 29-38.

Muamar, M. A. H., & Agustyarini, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 49-63.

Fauziah, R. H., & Ruqoyyah, S. (2022). Kemampuan pemahaman konsep pada materi bangun ruang melalui model pembelajaran contextual teaching and learning pada siswa kelas v sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 188-198.

Anggreni, W., Yensy, N.A., & Muchlis, E.E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(2), 229-237.

Arsyad, M., et al. (2020). Penerapan Model CTL dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 12-25

Syamsuddin, S. (2021). Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, 2(1), 14-21.

Femisha, I. G. A. D., & Madio, S. (2021). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 3(1), 56-64

Muchtar, M., et al. (2023). Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2), 101-110.

Heryana, A. (2021). Jenis-jenis Studi Literature Review. ResearchGate, March, 1–4. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.36077.72167

Mayasari, N., & Khoirotunnisa, A. U. (2024). SISTEM LITERATURE REVIEW: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 4(2), 1-7.

Indriani, A., Junarti, J., & Luâ, U. (2020). Penerapan Permainan Ular Tangga pada Operasi Bilangan Bulat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 57-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.