SLR: EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis mobile dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa, khususnya pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Minat belajar yang rendah terhadap matematika seringkali disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji bagaimana pengintegrasian teknologi mobile learning dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengumpulkan dan menganalisis artikel jurnal, prosiding konferensi, dan buku yang relevan dari database atau basis data seperti Google Scholar dari tahun 2016 sampai tahun 2025. Kriteria seleksi mencakup penelitian tentang mobile learning, media interaktif, dan minat belajar matematika. Analisis dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola temuan, kelebihan, dan tantangan implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media pembelajaran berbasis mobile secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa karena fitur interaktif seperti simulasi, gamifikasi, dan umpan balik instan. 2)Materi kesebangunan dan kekongruenan yang bersifat visual menjadi lebih mudah dipahami
Kata kunci: Media Interaktif, Minat Belajar, Matematika
Abstract
This research aimed to analyze the effectiveness of mobile-based interactive learning media in increasing students' interest in learning mathematics, particularly on the topic of similarity and congruence. Low interest in learning mathematics is often caused by conventional teaching methods that are less engaging. Therefore, this study examined how the integration of mobile learning technology could serve as an innovative solution to enhance student engagement. The method used was Systematic Literature Review (SLR) by collecting and analyzing relevant journal articles, conference proceedings, and books from databases such as Google Scholar from 2016 to 2025. The selection criteria included research on mobile learning, interactive media, and interest in learning mathematics. The analysis was conducted thematically to identify patterns in findings, advantages, and implementation challenges. The results showed that: 1) mobile-based learning media significantly increased students' interest in learning due to interactive features such as simulations, gamification, and instant feedback; 2) the visual nature of similarity and congruence materials made them easier to understand.
Keyword: Interactive Media, Learning Interest, Mathematics
Full Text:
PDFReferences
Adisaka, K. Et al. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Kolaboratif terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 141–152.
Atikah, H, F. Et al (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Pandangan PISA 2022. LITERASI, 15(2), 152–161.
Azizah, A. N., & Putranto, S. (2023). Validitas Aplikasi Android dengan Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(2), 111–124.
Fahmi, S., et al. (2024). Aplikasi Pembelajaran dengan Construct 2 pada Materi Kesebangunan sesuai Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 8(2), 140–152.
Fatimah, C., et al. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Berbasis Daring. MATHEMA JOURNAL, 3(2). 117–126.
Fatahillah, A., et al. (2023). Analisis Peningkatan ICT Literacy Siswa melalui Penggunaan Game Edukasi “Math Trip” Berbasis Android pada Materi Kesebangunan. EDU-MAT, 11(2), 214–226.
Hamidah, H., et al. (2024). Pengenalan Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Materi Kesebangunan pada Siswa SMPIT Widya Cendekia Kota Serang. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah, 4(1), 95–109.
Liando, O. E. S. et al. (2022). Aplikasi Mobile Learning Matematika Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Dasar. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 172–183.
Kadarisma, G. et al. (2019). Pengaruh Minat Belajar Matematika terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP. Jurnal BSIS, 2(1), 121–128.
Mayasari, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Minat dan Partisipasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 122–126.
Mulbar, U., Ruldy, F., & Assagaf, S. F. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheets pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan di Kelas IX. Issues in Mathematics Education, 8(2), 104–114.
Novianti, D. E. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 117–124.
Novianti, D. E. et al. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Phytagoras Ditinjau dari Gender. Artikel diseminarkan pada acara Prosiding Seminar Pascasarjana, Semarang, Indonesia.
Nu’man, M., & Azka, R. (2023). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Polynom, 3(2), 49–55.
Qur’ani, F. N., Wulan, E. R., & Syamsudin, A. (2023). Smart Apps Creator: Mathematics Based Interactive Multimedia for Improving Acceleration Program Students’ HOTS. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 184–206.
Rachmawati, M. P. & Sukirwan, S. (2023). Perancangan Pengembangan Bangunan Datar melalui Model Problem Learning dengan Bantuan Geogebra. Proximal, 6(2), 93–102.
Rumengan, Y., & Talakua, C. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Smartphone terhadap Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Seram Utara Barat. BioEdUIN, 10(2), 33–40.
Saragih, J. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran PAK Berbasis Digital Mobile Learning. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 158–169.
Setiawan, F. A., & Febriani, O. M. (2024). Rancang Bangun Game Edukasi Matematika dan TIK Berbasis Mobile Android pada SMPN 1 Limau. Jurnal Teknika, 18(2), 389–399.
Sulisworo, D., et al. (2023). Lingkungan Belajar Pascapandemi: Pembelajaran Berbasis STEM, & Berpikir Kritis. Sleman: CV Budi Utama.
Wahid, S. H. & Kususiyanah, A. (2024). Systematic Review Menggunakan Artificial Intelligence (AI) dalam Ilmu Sosial: Systematic Review Using Artificial Intelligence (AI) in Social Science. Ascarya Solution Group.
Wahyudi, W., et al. (2023). Hubungan Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Education 6(1), 25–34.
Wahyuningtiyas, K. P., et al. (2024). Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 141–149.
Zainuddin, S. A. H. S., & Abdullah, A. H. (2023). Sorotan Literatur Bersistematik: Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Geometri Sekolah Rendah. Malaysian Journal of Social Sciences amd Humanities, 8(11), 1–12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.