EFEKTIVITAS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA KLENTENG KWAN SING BIO TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan topik bangun ruang. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Soko pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain kuasi eksperimen, yaitu nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soko. Metode pemilihan yang digunakan adalah Cluster Random, terpilih kelas VIII-A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis inferensial, yang meliputi uji prasyarat untuk data pre-test dan post-test, antara lain Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, Uji Keseimbangan untuk data pre-test, dan Uji Hipotesis untuk data post-test. Hasil analisis inferensial dari Uji Hipotesis Independent Two Sample T Test dengan pooled varians menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai thitung sebesar 2,075, di atas nilai ttabel sebesar 1,999. Paradigma Contextual Teaching and Learning (CTL), yang didasarkan pada etnomatematika Klenteng Kwan Sing Bio, menunjukkan keefektifan dan berdampak positif terhadap prestasi matematika siswa. Pembelajaran CTL berbasis etnomatematika yang diterapakan secara berkelanjutan dapat membuat pembelajaran matematika lebih kontekstual dan bermakna bagi siswa.
Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Etnomatematika, Hasil Belajar
Abstract
This research seeks to evaluate the efficacy of the Contextual Teaching and Learning (CTL) model on student learning outcomes in the mathematics topic of spatial structures. The study was carried out at SMP Negeri 1 Soko during the odd semester of the 2024/2025 academic year. This study employs quantitative approaches using a quasi-experimental design, namely the nonequivalent control group design. The subjects of this research were all students in grade VIII at SMP Negeri 1 Soko. The selection method used was Cluster Random selection, selecting class VIII-A as the experimental group and class VIII-B as the control group. The methods of data collecting included testing and documenting. This research employs inferential analytic methods, which include prerequisite tests for pre-test and post-test data, including the Normality Test and Homogeneity Test, a Balance Test for pre-test data, and a Hypothesis Test for post-test data. The inferential analysis findings from the Independent Two Sample T Hypothesis Test with pooled variances indicated a significant difference in mathematics learning outcomes between the experimental and control courses, with a tcount value of 2.075, above the ttable value of 1.999. The Contextual Teaching and Learning (CTL) paradigm, grounded in the ethnomathematics of Klenteng Kwan Sing Bio, demonstrates efficacy and positively impacts student mathematical achievement. This indicates that the CTL model based on ethnomathematics of Klenteng Kwan Sing Bio is effective and has a positive and significant impact on students' mathematics learning outcomes.
Keyword: Contextual Teaching and Learning (CTL), Ethnomathematics, Learning Outcomes
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti, M. Y., & Ahsani, E. L. F. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 60–69.
Hafid A, Mayasari N. Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Dengan Menggunakan Media Lkpd Dan Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. J Techonolgy Math Soc Sci e-ISSN. 2023;3(1):2829–3363.
Hamzah AM, Turmudi, Dahlan JA. Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) as A Measurement for Student Mathematics Assessment Development. 12 Waiheru. 2023;9(2):189–196. doi:10.47655/12waiheru.v9i2.144
Lestari WP, Ningsih EF, C C, Sugianto R, Lestari ASB. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. J Penelit Tindakan Kelas. 2023;1(1):28–33. doi:10.61650/jptk.v1i1.155
Mayasari, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Minat dan Partisipasi Belajar Mahasiswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 122-126.
Mega AMP, Faisal Madani. Analisisis Assesmen Autentik Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. J Elem Edukasia. 2023;6(2):778–788. doi:10.31949/jee.v6i2.5659
Novianti DE. Pemecahan masalah Matematika dalam Konsep Etnomatematika. Pros Semin Nas Hybrid. Published online 2022:24–31.
Novianti, D. E., & Dewi, N. R. (2022, October). Local Wisdom as an Ethnomathematics Learning Approach (A study on Regency Local Wisdom). In International Conference on Science, Education, and Technology (Vol. 8, pp. 142-148).
Novianti, D. E., Zaenuri, Z., & Mariani, S. (2023). Ethnomathematics: Exploration of Mathematical Elements in Oklik Music Art. Jurnal Pendidikan Progresif, 13(3), 1227-1237.
Priadana M.S, P. D. H. M. S., & Sunarsi S.Pd. M.M. CHt, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Putri, G. A. M. A. (2024). Etnomatematika dalam Budaya Bali : Sebuah Tinjauan Literatur dan Integrasinya dalam Kurikulum Pembelajaran Matematika. Prosiding Santika 4, 6378.
Turmuzi M. Meta Analisis; Pengaruh Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. J Pembelajaran Mat Inov. 2022;5(5):1525–1534. doi:10.22460/jpmi.v5i5.1525-1534
Utami, R. A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3)
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.