OPTIMALISASI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI INTEGRASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN METODE STEAM DI MADRASAH TSANAWIYAH

Avita Widya Pratama

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam menentukan konsep dasar serta menggambarkan bentuk tiga dimensi materi bangun ruang sisi lengkung pada jenjang Madrasah Tsanawiyah melalui integrasi metode Realistic Mathematics Education (RME) dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, meliputi observasi partisipatif, wawancara terstruktur, tes pre-test dan post-test, serta kuesioner yang telah divalidasi. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran, sedangkan wawancara menggali pemahaman dan pengalaman siswa serta guru. Tes pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur peningkatan kemampuan kognitif siswa, sementara kuesioner menilai persepsi dan kepuasan siswa terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, dengan nilai rata-rata post-test sebesar 97,67 dibandingkan pre-test sebesar 59,92, mengalami kenaikan rata-rata sebesar 37,75%. Selain itu, keterlibatan siswa dalam pembelajaran meningkat secara kognitif, afektif, dan perilaku. Guru dan siswa memberikan respons positif terhadap efektivitas integrasi metode RME dan STEAM dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode integratif tersebut sebagai strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di jenjang Madrasah Tsanawiyah.

Kata kunci: Realistic Mathematics Education, STEAM, Bangun Ruang, Pemahaman Siswa, Pembelajaran Matematika

 

 

Abstract

This study aims to determine students' understanding in defining basic concepts and representing three-dimensional shapes of curved space material at the Madrasah Tsanawiyah level through the integration of Realistic Mathematics Education (RME) and STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) methods. The research employed a mixed-method approach combining qualitative and quantitative techniques, including participatory observation, structured interviews, pre-test and post-test assessments, and validated questionnaires. Observation was conducted to monitor student activities and engagement during the learning process, while interviews explored the understanding and experiences of both students and teachers. The pre-test and post-test measured students' cognitive improvement, and questionnaires assessed students' perceptions and satisfaction with the learning process. The results showed a significant increase in students' understanding, with an average post-test score of 97.67 compared to a pre-test score of 59.92, reflecting an average increase of 37.75%. Additionally, students' engagement improved cognitively, affectively, and behaviorally. Both teachers and students responded positively to the effectiveness of integrating RME and STEAM methods in mathematics learning. This study recommends the use of this integrative method as an innovative learning strategy to enhance the quality of mathematics education at the Madrasah Tsanawiyah level.

Keywords: Realistic Mathematics Education, STEAM, Geometric Shapes, Student Understanding, Mathematics Learning


Full Text:

PDF

References


Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). Pengaruh pembelajaran steam (science, technology, engineering, arts, and mathematics) terhadap kreativitas peserta didik. Biolearning Journal, 8(1), 24-26. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/478581276.pdf

Bahoo, S., Cucculelli, M., Goga, X., & Mondolo, J. (2024). Kecerdasan buatan dalam keuangan: tinjauan komprehensif melalui analisis bibliometrik dan konten. SN Business & Economics , 4 (2), 23. https://doi.org/10.1007/s43546-023-00618-x

Barkah, R. F., Yulianingsih, N. F. A., Ananda, W., & Asmara, A. S. (2022). Pengaruh pendekatan RME berbantuan media konkret terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 6(1), 206-210. https://doi.org/10.52802/pancar.v6i1.331

Dudeliany, J. A., Mahardika, I. K., & Maryani, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai LKS Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA-Fisika Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), 254-259. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71939

Kase, A. D., Sukiatni, D. S., & Kusumandari, R. (2023). Resiliensi remaja korban kekerasan seksual di Kabupaten Timor Tengah Selatan: Analisis Model Miles dan Huberman. INNER: Journal of Psychological Research, 3(2), 301-311. Diambil dari https://aksiologi.org/index.php/inner

Khoirotunnisa, A. U., & Irhadtanto, B. (2020). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe traditional flipped berbantuan video terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 17. https://DOI:10.30734/JPE.V7I2.768

Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun ruang sisi lengkung dan permasalahannya dalam pembelajaran matematika: suatu kajian pustaka. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1-20. https://doi.org/10.46918/setara.v4i1.874

Cuhanazriansyah, M. R., & Cahyaningrum, Y. (2023). Peran Media Pembelajaran Berbasis Etno-Steam Pada Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Filosofiamundi , 1 (2). Diambil dari https://philosophiamundi.id/index.php/philosophia/article/view/8

Munyati, L., Takaidza, N., & Sunzuma, G. (2024). Tantangan dan Dampak Dialog dan Argumentasi dalam Pengajaran Matematika Tingkat Dasar di Zimbabwe. Jurnal Eropa Pendidikan Kontemporer dan E-Learning , 2 (4), 49-63. https://doi.org/10.59324/ejceel.2024.2(4).05

Pratama, R. A., & Yelken, T. Y. (2024). Effectiveness of ethnomathematics-based learning on students’ mathematical literacy: a meta-analysis study. Discover Education, 3(1), 202. https://doi.org/10.1007/s44217-024-00309-1

Rahayu, P., & Adityarini, E. (2024). Inovasi Pembelajaran STEAM Berbasis Hasil AKMI untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Madrasah di Era Digital. Journal of Madrasah Studies, 1(1), 1-10. Diambil dari https://kskkpub.org/index.php/jms/article/view/11

Sinuraya, R. A., Nabilah, A. A. N., & Yasinta, V. Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Jaring-Jaring Bangun Ruang Dan Luas Permukaan. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/617054588.pdf

Sugiyono (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta

Wildaniati, Y., Santoso, A., & Dewi, R. S. I. (2024). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 12-26. https://e-journal.metrouniv.ac.id/elementary/article/view/9015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.